Rabu 13 April 2022, 14:12 WIB

Presiden Tinjau Program Padat Karya di Cirebon

Andhika prasetyo | Ekonomi
Presiden Tinjau Program Padat Karya di Cirebon

ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Presiden Joko Widodo (tengah) kunjungan kerja ke Cirebon, Jawa Barat, hari ini.

 

PRESIDEN Joko Widodo meninjau kegiatan padat karya tunai jalan dan jembatan yang dilakukan di Kelurahan Panjunan, Kota Cirebon, pada Rabu (13/4). Kegiatan padat karya tunai tersebut mencakup pengerjaan pemeliharaan taman dan sarana pedestrian jalan serta pembersihan saluran air.

“Kegiatan ini kita kerjakan di ruas Cirebon, Jawa Barat, sampai ke Losari, Jawa Tengah. Ada sekitar tujuh titik. Ada yang pembersihan saluran di sebelah sana, ada juga pembersihan median," ujar Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta-Jawa Barat Wilan Oktavian, yang ikut mendampingi presiden.

Ia menjelaskan program tersebut biasanya dilakukan dua kali dalam setahun, tepatnya setiap menjelang Lebaran serta Natal dan Tahun Baru (Nataru). Tujuannya ialah untuk memberikan tambahan pemasukan bagi para pekerja yang merupakan masyarakat di sekitar lokasi padat karya.

Baca juga: Presidensi G20, Momentum BRIN Bentuk Platform Riset dan Inovasi Terbuka Tingkat Global

Berdasarkan data dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), kegiatan padat karya di Jawa Barat untuk pemeliharaan rutin jalan, rutin jembatan, dan revitalisasi drainase menggunakan total anggaran Rp133 miliar. Ketiga kegiatan tersebut dikerjakan secara swakelola dengan pembayaran diberikan langsung kepada para pekerja di wilayah kerja masing-masing.

Selain itu, ada pula program padat karya lain yang bersifat kontraktual dengan pengelolaan dilaksanakan oleh penyedia jasa, dengan total anggaran Rp183 miliar. Adapun total keseluruhan jumlah pekerja untuk program padat karya di Jawa Barat sebanyak 377.486 orang. (OL-4)

Baca Juga

Dok.Ist

LPKR Berkomitmen Dalam Penghijauan Kawasan Kota Mandiri

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 14:26 WIB
LPKR melakukan investasi yang signifikan untuk peremajaan dan perawatan penghijauan di ruang umum, terutama degan menanam pohon dan...
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Konsesi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Minta Tambah jadi 80 tahun

👤Ficky Ramadhan 🕔Kamis 08 Desember 2022, 14:23 WIB
Hal ini disebabkan dalam pelaksanaanya terdapat beberapa kendala penyebab kelayakan bisnis sehingga diperlukan penyesuaian masa konsesi...
Dok. Ist

Sambut IKN Nusantara, Wulandari Bangun Laksana Luncurkan Pentacity Hotel

👤Media Indonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 13:32 WIB
Hadirnya Pentacity Hotel menambah jumlah hotel yang berada di kawasan Balikpapan Superblock menjadi 782...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya