Rabu 02 Maret 2022, 09:08 WIB

Bapanas Minta BUMN Percepat Pengadaan Cadangan Daging Stok Nasional

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Bapanas Minta BUMN Percepat Pengadaan Cadangan Daging Stok Nasional

ANTARA/Fakhri Hermansyah
Seorang warga melintas di lapak pedagang sapi yang tutup di Pasar Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (1/3/2022).

 

BADAN Pangan Nasional (Bapanas) atau NFA (National Food Agency) akan mendorong BUMN mempercepat masuknya cadangan daging stok nasional untuk mengatasi persoalan daging pada Ramadan sampai dengan Idulfitri.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan selain itu NFA juga akan membuat skenario mobilisasi potensi daging sapi, menyiapkan pola distribusi baik sapi maupun daging sapi potong.

"Saya berharap BUMN juga lakukan operasi pasar, bagaimana harga daging sapi sampai dengan end customer," kata Arief dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (2/3), seperti dilansir Antara.

Menurut dia, ke depan harus sudah memiliki stok daging, stok ini bisa ditentukan sesuai kebutuhan masyarakat, dihitung kebutuhan setiap bulan untuk ditindaklanjuti BUMN melalui cold room/cold storage daging.

Baca juga: Tekan Harga Daging Sapi Naik, Pedagang di Kudus Bersiap Mogok Jualan

Hal ini sebagai salah satu solusi stabilisasi harga daging pada tahun berikutnya. Ini perlu dilakukan perubahan, berbenah, sehingga tidak ada kejadian berulang setiap tahun.

"PR saya adalah mempercepat penugasan ke BUMN, selain itu mempercepat harga yang baik ke distributor dan pedagang," katanya.

Ia melanjutkan setelah open book dengan para pemangku kepentingan ini, NFA akan segera bahas pada Rapat Koordinasi Terbatas atau Rakortas.

Sebagai tindak lanjut upaya stabilisasi harga daging, pasca pertemuan dengan sejumlah pedagang di lapangan, Arief Prasetyo Adi menghadiri rapat koordinasi bersama Kepala Staf Kepresidenan, Kementerian BUMN, Kementerian Perdagangan, Kemenko Perekonomian, Kementerian Pertanian, Asosiasi Gabungan Pengusaha Sapi Potong (Gapuspindo) dan Anak Perusahaan BUMN PT Berdikari.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan Kepala Bapanas dapat segera menindaklanjuti persoalan daging sapi, selain itu perlu dilakukan controlling komoditas daging tiap bulannya. (A-2)

Baca Juga

Dok. Panasonic Gobel Indonesia

Dukung Ekosistem Industri Kreatif, Panasonic Sukses Gelar Lumix Creative Universe

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 22:45 WIB
Lumix Creative Universe terdiri dari tiga agenda utama yang bersifat kreatif, edukatif serta informatif. Dimulai dengan Lumix S5 Mark II...
Antara

Bahlil: Peta Jalan Industri Hilir Selesai, Nilainya US$545,3 Miliar

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 30 Januari 2023, 22:18 WIB
Secara umum, ia mengatakan roadmap itu meliputi 21 komoditas. Prototipe industri hilir nikel yang sudah terbukti berhasil akan dijadikan...
Dok.Ist

Pertimbangkan Banyak Aspek, Penentuan Harga BBM Nonsubsidi Kewenangan Badan Usaha

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 21:53 WIB
Kebijakan penyesuaian BBM non-PSO secara fkultuasi mengikuti penurunan harga minyak dunia...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya