Jumat 31 Desember 2021, 22:49 WIB

Studi Banding Pembangunan Ibu Kota Baru, Mensesneg dan Menteri PUPR Kunjungi BSD City

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Studi Banding Pembangunan Ibu Kota Baru, Mensesneg dan Menteri PUPR Kunjungi BSD City

DOK Sinar Mas Land.
Sinar Mas Land tidak hanya membangun gedung dan rumah, tetapi juga kawasan hunian yang ideal serta infrastruktur lengkap.

 

JAJARAN direksi Sinar Mas Land menerima kunjungan kerja Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat M Basuki Hadimuljono serta Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Republik Korea HE Gandi Sulistiyanto Soeherman di kawasan BSD Green Office Park pada Jumat (31/12). Kunjungan kerja tersebut diadakan dalam rangka melihat progres pembangunan pusat pertumbuhan baru berskala kota oleh pihak swasta dalam hal ini Sinar Mas Land melalui salah satu proyeknya yakni BSD City mengenai penerapan konsep kawasan dan bangunan hijau serta transformasi menuju smart city.

Kunjungan kerja kali ini juga diikuti oleh tim jajaran pimpinan Kementerian Sekretariat Negara dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Mereka ialah Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama, Direktur Utama Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno (PPK-GBK) Rakhmadi Afif Kusumo, Direktur Utama Pusat Pengelolaan Kompleks Kemayoran (PPK Kemayoran) Medi Kristianto, Direktur Jenderal Sumber Daya Air PUPR Jarot Widyoko, Direktur Jenderal Bina Marga PUPR Hedy Rahadian, Direktur Jenderal Cipta Karya PUPR Diana Kusumastuti, Direktur Jenderal Perumahan PUPR Iwan Suprijanto, Staf Ahli Menteri V Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S Atmawidjaja, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Danis H Sumadilaga, Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Imam S Ernawi.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan pemerintah tidak hanya memindahkan Ibu Kota dan menjadi kantor pemerintahan. "Namun kami ingin membangun kota baru, kota masa depan, kota yang bisa menjadi magnet bagi para talenta hebat sekaligus menjadi engine, menjadi motor, menjadi katalis kemajuan Indonesia. Jadi kami ingin membangun sentra inovasi yang berkelanjutan dan menjadi sumber inspirasi sekaligus motor kemajuan Indonesia ke depan."

Managing Director President Office Sinar Mas Land Dhony Rahajoe menjelaskan pihaknya merasa terhormat dapat menerima kunjungan dari sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju terkait rencana pemerintah dalam pembangunan IKN di Kalimantan Timur. "Semoga pengalaman kami dalam mengembangkan kawasan BSD City dapat menjadi inspirasi bagi pemerintah untuk mengembangkan IKN. Sinar Mas Land tidak hanya membangun gedung dan rumah, tetapi juga kawasan hunian yang ideal serta infrastruktur lengkap dengan memadukan solusi atas perubahan iklim melalui pembangunan rendah karbon dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi guna mengakomodasi kebutuhan para penghuninya di masa sekarang dan mendatang."

Jajaran direksi Sinar Mas Land memaparkan sejumlah hal kepada Mensesneg Pratikno dan Menteri PUPR M Basuki Hadimuljono mulai tahapan pembangunan kawasan BSD City dari awal hingga saat ini, transisi pembangunan BSD City menuju pembangunan yang rendah emisi karbon, sampai transformasi BSD City menjadi kota berbasis digital. Kunjungan kerja tersebut kemudian dilanjutkan dengan meninjau sejumlah proyek di kawasan BSD Green Office Park yaitu Gedung Sinar Mas Land Plaza, Gedung Green Office Park (GOP) 9, Grha Unilever, serta mal tanpa dinding The Breeze.

Dalam kaitannya dengan studi banding IKN di Kalimantan Timur, Presiden Joko Widodo juga melakukan kunjungan kerja ke BSD City pada Jumat (24/12). Pada kunjungan kerja tersebut, Presiden Joko Widodo sangat tertarik dengan penerapan konsep green district, green building, dan green office, serta mal tanpa dinding The Breeze yang berada di kawasan BSD Green Office Park. 

Baca juga: Sinar Mas Land Raih FIABCI Indonesia-REI Excellence Awards 2021

BSD Green Office Park merupakan distrik perkantoran yang telah memperoleh sertifikat green district dari Building and Construction Authority (BCA) Singapore. Kemudian sejumlah gedung perkantoran di kawasan tersebut juga telah mendapatkan sertifikasi Green Building dari Green Building Council Indonesia (GBCI). (RO/OL-14)

Baca Juga

Antara

PLN Bisa Hemat Rp10 M dari Pembelian Listrik PLTM Pantan Cuaca Aceh

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:49 WIB
PLTM Pantan Cuaca berlokasi di Kabupaten Gayo Lues berkapasitas 4,5 MW dengan nilai investasi sebesar Rp 160...
Dok. BEBS

Jalin MoU Dengan WIKA, BEBS Akan Lakukan Pembangunan Infrastruktur di Azerbaijan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:32 WIB
Direktur Utama BEBS Hasan Muldhani mengungkapkan, rencana ekspansi usaha BEBS-WIKA tersebut dalam bentuk Kerja sama Operasi untuk...
ANTARA FOTO/DHemas Reviyanto

BUMN yang Sehat Beri Dampak Besar Bagi Negara dan Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:45 WIB
"Sejak awal, kita berkomitmen melakukan transformasi menyeluruh dengan memperbaiki proses dan fokus bisnis hingga penerapan budaya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya