Jumat 17 Desember 2021, 21:02 WIB

Dongkrak Ekspor, Garuda Perluas Layanan Kargo ke Vietnam 

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Dongkrak Ekspor, Garuda Perluas Layanan Kargo ke Vietnam 

Antara/Ampelsa
Pesawat Garuda Indonesia

 

MASKAPAI penerbangan Garuda Indonesia (GIAA) memperluas konektivitas jaringan penerbangan kargo internasionalnya. Kali ini menuju Saigon, Vietnam melalui rute penerbangan Makassar-Singapura-Saigon-Jakarta. 

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan, langkah itu guna memaksimalkan potensi direct call antara kedua negara untuk berbagai komoditas ekspor unggulan nasional seperti produk manufaktur, garmen, suku cadang, hingga komoditas kemaritiman. 

"Perluasan konektivitas rute khusus kargo ini merupakan salah satu peluang bisnis yang secara berkelanjutan akan terus kami optimalkan," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (17/12). 

Irfan menjelaskan, perluasan konektivitas layanan penerbangan kargo ke Saigon tersebut bukan tanpa sebab. Dia menilai langkah ini sejalan dengan potensi perdagangan antara Indonesia dan Vietnam yang disebut menjanjikan, dengan meningkat secara berkala hingga lebih dari 66% selama tiga tahun terakhir. 

Pada tahap awal, penerbangan kargo menuju Saigon akan dilayani melalui penerbangan charter yang berangkat dari Makassar, Sulawesi Selatan, menuju Singapura pada pukul 15.15 waktu setempat atau local time (LT). 

Baca juga : Terapkan Konsep ESG, AKR Land Raih Tiga PropertyGuru Award 2021

Kemudian dilanjutkan dengan penerbangan menuju Saigon, Vietnam yang bertolak dari Singapura pada pukul 19.55 LT dan tiba di Saigon pada pukul 21.20 LT. 

"Perluasan rute kargo juga selaras dengan tren kebutuhan pengangkutan kargo yang kami proyeksikan akan terus tumbuh ke depannya,” tambah Irfan. 

Garuda Indonesia hingga kuartal III 2021 diklaim berhasil mencatatkan peningkatan trafik angkutan kargo internasional sebesar 90% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. 

Garuda menyatakan telah memiliki sejumlah aktivitas direct call pengiriman komoditas ekspor, di antaranya pengiriman produk industri lokal berupa sepatu dari Jakarta ke Milan, Italia. 

Kemudian, pengiriman marine products dari Jakarta ke Taipei, Taiwan, hingga aktivitas ekspor perdana lada putih dari Pangkal Pinang menuju Kanada dan Amsterdam, Belanda. (OL-7)

Baca Juga

Dok.Ist

Program Jawara Telah Bukukan Penjualan Rp2,5 M

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 20:41 WIB
Setiap Jawara yang saat ini sudah aktif memulai usahanya bisa mengantongi keuntungan perbulan hingga 2 juta...
Dok.Ist

Wilmar Distribusikan Bantuan 148 Hewan Kurban

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 19:42 WIB
Pendistribusian bantuan hewan Kurban merupakan program tahunan, sebagai bentuk  partisipasi perusahaan kepada...
Ist/Kementan

Pinang Betara Jambi Jadi Komoditas Unggulan Nasional Berorientasi Ekspor

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 19:41 WIB
Varietas pinang betara Jambi awalnya merupakan varietas unggul lokal milik Provinsi Jambi, namun saat ini telah ditetapkan oleh Kementan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya