Kamis 30 September 2021, 22:07 WIB

OVO Ungkap Strategi Bakar Duit Berdampak Positif ke UMKM 

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
OVO Ungkap Strategi Bakar Duit Berdampak Positif ke UMKM 

MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
Ilustrasi transaski menggunakan aplikasi OVO

 

LAYANAN usaha keuangan digital, OVO menyatakan bahwa strategi bakar duit atau pemberian promo dalam sebuah platform digital memiliki dampak yang positif terhadap pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). 

Hal itu berdasarkan riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia yang menyatakan, 75% UMKM merasa program promo/cash back efektif dalam meningkatkan jumlah transaksi. Dari 114 brand yang disurvei, 24,7% mengaku strategi bakar duit telah berhasil meningkatkan transaksinya. 

"Survei ini membuktikan bahww bakar duit itu ternyata punya dampak yang positif. Jadi, enggak betul bakar-bakar duit itu ditujukan hanya untuk membawa manfaat bagi perusahaan teknologi saja, seperti OVO. Ternyata bakar itu membawa manfaat bagi UMKM," ungkap Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra dalam konferensi pers virtual, Kamis (30/9). 

Dengan begitu, dia mengatakan secara langsung menunjang program pemerintah dalam mendorong pelaku UMKM go digital dan meningkatkan pemanfaatan digital. 

"Ternyata dalam pengalaman kami, terbukti dari survei ini, strategi itu bisa meningkatkan pendapatan UMKM sampai 27%. Menurut saya, strategi bakar duit ini menurut tidak lagi negatif," jelasnya. 

Baca juga : Operasional IKEA Naikkan Nilai Investasi JGC

Secara umum, riset yang dilakukan CORE itu menyatakan,68% UMKM mengalami kenaikan pendapatan bulanan melalui OVO. Kemudian, 84% UMKM mitra OVO diketahui terbantu selama pandemi, 70% mengalami peningkatan transaksi per hari. 

68% UMKM juga disebut mengalami peningkatan pendapatan per bulan. Survei ini pun melibatkan 2.001 UMKM dari 8 provinsi dan 12 kota dengan metode tatap muka. 

Fergiansyah, yang lebih dikenal sebagai Ncess Nabati yang merupakan pelaku usaha kuliner, mengaku terbantu dengan program promo yang kerap diberikan OVO dalam mendongkrak penjualan usahanya yang bernama Bakso Ncess ini. 

"Awal pandemi, saya sempat babak belur, tapi adanya (sistem) uang elektronik di OVO juga memudahkan usaha kami. Para konsumen bisa menggunakan uang elektronik dalam transaksi. Ini mempermudah bisnis kami," tandasnya. (OL-7)

Baca Juga

Antara/Jessica Wuysang.

Bandara Tebelian Sintang Kalbar Beroperasi 17 Desember

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 08 Desember 2021, 16:48 WIB
Dengan infrastrukur yang memadai, distribusi barang atau logistik pun diyakini semakin lancar sehingga biaya logistik di Indonesia bisa...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Erick Tunjuk Eks Wakil Kepala Densus 88 Jadi Komisaris RNI

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 08 Desember 2021, 16:30 WIB
Penetapan ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-390/MBU/12/2021 tentang Pengangkatan Anggota Dewan Komisaris PT...
DOK Sinar Mas Land.

Digital Hub BSD City Bangun Gedung Baru Bernama Knowledge Hub

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 16:25 WIB
Gedung Knowledge Hub tahap pertama itu dirancang oleh NBBJ selaku perusahaan arsitektur asal Amerika...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya