Senin 27 September 2021, 17:13 WIB

Luhut Minta Kepala Daerah Sajikan Produk Premium Lokal

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Luhut Minta Kepala Daerah Sajikan Produk Premium Lokal

Dok Kemenko Marves
Luhut Pandjaitan

 

KEPALA daerah diminta menyajikan layanan dan produk premium lokal di daerah masing-masing untuk mendorong pelaku ekonomi kreatif menembus pasar global. Hal ini diutarakan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat pembukaan Rakornas Parekraf 2021 secara virtual, Senin (27/9).

"Saya berpesan ke seluruh kepala daerah, mari mendukung masyarakat untuk mampu hadirkan produk premium daerah kita masing-masing dan memanfaatkan teknologi yang ada," ujarnya.

Lewat gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) sambung Luhut, melahirkan berbagai program kreatif untuk memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat. Hingga Juli 2021 jumlah UMKM atau artisan Indonesia on boarding di e-commerce sudah mencapai lebih dari 15 juta lebih unit.

"Lewat gotong royong kita yang makin kuat, baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, asosiasi dan industri sama-sama mendorong pelaku usaha ekonomi kreatif berkiprah di pasar global," ucapnya.

Luhut menambahkan, pelaku usaha harus memanfaatkan betul teknologi yang ada untuk menguasai pasar, terutama pada usaha kecil menengah yang dianggapnya merupakan tulang punggung ekonomi nasional. Diketahui, UMKM sendiri menyerap 97% tenaga kerja Indonesia dan kontribusinya terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia mencapai sekitar 61%.

"Diperlukan langkah-langkah strategis dan inovatif, mulai dari gerakan Bangga Buatan Indonesia sejak 2020, tahun Ini Kita gaungkan Bangga Berwisata Indonesia Aja. Langkah strategis perlu diperkuat dengan menyasar pasar domestik," pungkasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

MI/Agung Wibowo

IHSG Diperkirakan Terdampak Sentimen Positif Bursa Global

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 10:25 WIB
IHSG pada perdagangan Selasa (26/10), dibuka pada level 6.640,05 dari penutupan kemarin di level...
Youtube/KBRI Jeddah

Dari Ajang TEI-DE 2021, Arab Saudi Borong Produk Makanan USD 53,1 Juta

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 10:23 WIB
Dari ajang Trade Expo Indonesia Digital Edition (TEI-DE) 2021, Arab Saudi memborong produk makanan sebesar USD 53,1...
Antara

Pasokan Ketat, Harga Minyak Dunia Capai Tertinggi Multitahun

👤Muhamad Fauzi 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 08:15 WIB
HARGA minyak dunia mencapai level tertinggi multitahun, pada akhir perdagangan Senin atau Selasa pagi WIB (26/10) sebelum menjadi stabil,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya