Selasa 10 Agustus 2021, 18:30 WIB

Bank Disarankan Beradaptasi untuk Pertahankan Nasabah

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Bank Disarankan Beradaptasi untuk Pertahankan Nasabah

ANTARA/Audy Alwi
Ekonom dari Institute for Developmnet of Economics and Finance (Indef) Dr Aviliani SE, Msi.

 

Ekonom senior Institute for Development on Economics and Finance (Indef) Aviliani menyarankan bank beradaptasi mempertahankan nasabah melalui restrukturisasi platform dan proses teknologi informasi.

"Dia (bank) benar-benar memanfaatkan asetnya untuk memperbaiki platform dan teknologinya. Jadi, dia sudah besar dengan biaya sendiri," katanya dalam diskusi virtual di Jakarta, Selasa (10/8).

Ia menjelaskan adaptasi mempertahankan nasabah tersebut merupakan salah satu skenario masa depan perbankan agar lebih baik dan kebanyakan dilakukan bank-bank besar.

Kemudian, skenario masa depan bank lainnya, yakni dengan cara membangun bank baru dengan platform bank digital. "Di Indonesia banyak yang begini, bank kecil dibeli jadi bank digital," ujar Aviliani.

Selanjutnya, Aviliani menyebutkan bank nantinya harus bisa menjadi agregator dari penyedia fintech dan lembaga keuangan lainnya, karena bank dan fintech tanpa sadar sebenarnya saling membutuhkan.

Bank juga harus bisa menjadi penyedia pelayanan komunitas, tidak hanya pelayanan produk tetapi juga memberikan saran investasi dan lainnya. "Sehingga, bukan hanya menyediakan investasi tetapi memberi saran investasi kepada masyarakat," ucap Aviliani. (Ant/OL-12)

 

Baca Juga

Antara/Sigid Kurniawan

Menkeu: Postur APBN 2023 Masih Defisit, Rasio Utang Tetap Dikendalikan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 20 Mei 2022, 12:24 WIB
Pengelolaan pembiayaan untuk menutup kesenjangan finansial (financial gap) akan dilakukan secara efisien, hati-hati dan berkelanjutan...
Antara

Sandiaga Optimistis Kunjungan Turis dari Asia Selatan akan Melonjak

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 20 Mei 2022, 11:02 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno optimistis jumlah kunjungan wisatawan dari Asia Selatan ke...
AFP/Daniel Slim

The Fed Masih Terus Mencari Cara Kendalikan Inflasi

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:55 WIB
Muncul gagasan bagi Bank Sentral AS The Fed untuk meningkatkan target inflasi AS, dari sebelumnya di 2%. Dengan menaikkan target inflasi,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya