Kamis 29 Juli 2021, 14:19 WIB

Wamendag Apresiasi Launching Ekspor Komoditas Pertanian dari Desa

mediaindonesia.com | Ekonomi
Wamendag Apresiasi Launching Ekspor Komoditas Pertanian dari Desa

MI/Koresponden
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga.

 

WAKIL Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengapresiasi peran PT Astra International, Kementerian Desa PDTT, dan Kementerian Koperasi dan UKM yang melakukan launching ekspor perdana berbagai produk pertanian dan perkebunan yang dihasilkan desa.

Ada sejumlah produk yang diekspor dari desa yaitu kopi, beras organik, pupuk organik hingga essential oil dengan negara tujuan Eropa, Amerika Selatan, Asia, dan Timur Tengah.

Bersama dengan launching ekspor komoditas pertanian desa juga dilakukan penandatanganan naskah kerja sama pengembangan ekspor produk unggulan desa antara Ditjen PEN Kemendag dan PT Astra Internasional.

Kedua acara itu sendiri merupakan bagian dari Festival Kewirausahaan Astra 2021.

Peran Astra dalam pembinaan desa dan koperasi/UMKM diparesiasi Wamendag. Pasalnya ekspor produk pertanian dan perkebunan itu dihasilkaProgram Desa Sejahtera juga merupakan hasil binaan kerja sama antara PT Astra International bersama Kementerian Desa PDTT dan Kemenkop UKM.

Kerja sama antara ua kementerian dan PT Astra International melingkup pembinaan produksi dan pembiayaan.

Kemeterian Perdagangan (Kemendag), menurut Jerry Sambuaga, sangat bangga mendukung pemasaran produk-produk desa, koperasi dan UMKM melalui berbagai upaya.

Kemendag juga mempunyai berbagai program fasilitasi, pembinaan teknis hingga pembukaan akses pasar melalui berbagai perjanjian perdagangan dan diplomasi perdagangan internasional.

“Desa adalah salah satu jantung perekonomian Indonesia, termasuk dalam menghasilkan produk-produk ekspor. Karena itu, Kemendag menggandeng dan mendukung berbagai pihak yang fokus membangun produksi desa dengan memberikan akses logistik dan perdagangan,” kata Wamendag pada keterangan pers. Kamis (29/7).

Dalam bidang akses pasar, perjanjian perdagangan baik bilateral maupun multilateral sangat penting agar produk-produk Indonesia bisa diakomodasi oleh negara tujuan dengan tarif yang bagus, bahkan tanpa tarif bea masuk.

Upaya ini penting, menurut Jerry, karena secara politis dan teknis memang perlu dilakukan berbagai upaya agar sebuah negara menerima dan memberikan fasilitas bagi produk Indonesia. 

“Kita harus meminimalkan hambatan perdagangan dan mengoptimalkan fasilitasi perdagangan bagi produk Indonesia sehingga bukan hanya bisa masuk tetapi juga bisa mengakses pasar di negara tujuan. Itu inti dari upaya-upaya dalam perjanjian perdagangan.” Kata Jerry.

Sedangkan dalam fasilitasi pergudangan dan logistik, Kementerian Perdagangan terus mengembangkan Sistem Resi Gudang (SRG). Sampai dengan tahun 2020 yang lalu tercatat sudah ada sekitar 123 gudang di daerah yang masuk dalam program SRG.

SRG sendiri berfungsi untuk menjadi gudang simpan tunda beli produk pertanian dan perkebunan. Dengan begitu pengelolaan pasokan dan harga bisa dilakukan dengan baik.

Saat ini ada sekitar 20 komoditas yang bisa dikelola melalui SRG termasuk kopi dan porang yang saat ini menjadi salah satu primadona komoditas ekspor.

Dalam pengembangannya, SRG akan terus diintegrasikan dan disinergikan dengan kementerian dan lembaga terkait, khususnya Kemendes PDT dan Kemenkop UKM. Komunikasi untuk itu sudah dimulai dan saat ini sedang digodog berbagai kemungkinan-kemungkinan implementasi.

Jerry juga mengatakan bahwa desa juga menjadi fokus dalam pemulihan ekonomi dan perdagangan sebagai bagian dari pemulihan pasca Covid-19.

"Karena itu, fokus berbagai pihak sangat dibutuhkan dalam pembinaan ekonomi perdesaan," jelasnya.

Ia meyakini bahwapPembinaan ekonomi dan perdagangan perdesaan akan memiliki  masa depan cerah seiring dengan dipacunya vaksinasi massal yang dilakukan pemerintah. (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/Susanto

Kisah Perjuangan Para Juragan Jaman Now Mengembangkan Bisnis di Tengah Pandemi

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 22:45 WIB
Pasangan suami istri, Bunda Elis dan Babeh Roni pemilik camilan berbahan singkong bernama Yammy Babeh, selain menjalankan usaha juga...
Antara/Muhamamd Iqbal

Kendaraan Tanpa Awak bakal Jadi Transportasi Utama di IKN

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 21:30 WIB
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono menuturkan, kendaraan otonom (autonomous vehicle) itu akan menjadi bagian...
Antara/Syifa Yulinnas

Keran Ekspor CPO Dibuka, Petani Harapkan Harga TBS yang Pantas

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 20:45 WIB
Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Gulat Manurung mengharapkan minggu depan ada kenaikan angka BTS di atas Rp1.000...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya