Senin 19 Juli 2021, 21:52 WIB

17 Bandara Terapkan Digitalisasi Validasi Dokumen Kesehatan Penumpang

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
17 Bandara Terapkan Digitalisasi Validasi Dokumen Kesehatan Penumpang

Antara/Makna Zaezar
Penumpang mengantre di bandraa Tjilik Riwut

 

MULAI hari ini, Senin (19/7), PT Angkasa Pura II (AP II) melakukan uji coba penerapan digitalisasi dokumen kesehatan calon penumpang pesawat yang terintegrasi dengan PeduliLindungi di 17 bandara.

Langkah ini diberlakukan guna mencegah potensi pemalsuan kartu vaksinasi dan surat hasil tes covid-19, baik itu test PCR atau antigen. 

“Mulai hari ini dilakukan uji coba validasi dokumen kesehatan digital yang ada di aplikasi PeduliLindungi di 17 bandara secara bertahap," kata President Director AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangannya, Senin (19/7).

Ke-17 bandara yang menerapkan pemeriksaan digitalisasi dokumen kesehatan calon penumpang ialah Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung). 

Kemudian, Bandara Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkal Pinang), Silangit (Tapanuli Utara), Banyuwangi (Banyuwangi), Tjilik Riwut (Palangkaraya), Radin Inten II (Lampung), H.A.S Hanandjoeddin (Tanjung Pandan), Fatmawati Soekarno (Bengkulu).

Baca juga : Sandiaga Tetap Kirim Delegasi Promosi Kuliner ke AS Meski PPKM Darurat

"Kami minta dukungan calon penumpang pesawat dalam mengimplementasikan ketentuan ini, sesuai dengan Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor 847 Tahun 2021,” tambah Awaluddin. 

Adapun validasi dokumen kesehatan digital seperti kartu vaksinasi dan hasil tes covid-19, yang ada di aplikasi PeduliLindungi akan dilakukan di bandara oleh personel Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes).

Kemudian, juga diperiksa di konter check-in oleh maskapai menggunakan scanner barcode dan/atau microsite aplikasi PeduliLindungi.

Seperti diketahui, saat ini kartu vaksinasi dan surat hasil tes Covid-19 yang berlaku menjadi syarat bagi calon penumpang pesawat untuk dapat melakukan perjalanan. 

Calon penumpang juga wajib melakukan tes covid-19 di 742 laboratorium yang terintegrasi dengan data New All Record (NAR) Kemenkes, di mana nanti hasil tes juga akan langsung diunggah di aplikasi PeduliLindungi. (OL-7)

Baca Juga

Antara

45 Kabupaten Luar Jawa-Bali Lanjutkan PPKM Level IV

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 02 Agustus 2021, 22:22 WIB
Provinsi dengan peningkatan kasus tertinggi, terjadi di Sulawesi Tengah, Riau, Sumatera Utara, Gorontalo, dan Kalimantan...
Ist

Rayakan HUT Ke-9, Lookboutiquestore Hadirkan Kembali Iconic Pieces

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 02 Agustus 2021, 21:58 WIB
Pada momen spesial ini, LBS mengangkat tema Reflect dengan tujuan mengajak tim dan juga customer untuk mengambil waktu sejenak, melihat...
MI/Rendy Ferdiansyah

Erick Thohir: Pandemi Sebabkan Harga Timah Dunia Membaik

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Senin 02 Agustus 2021, 21:14 WIB
MENTERI BUMN Erick Thohir mengakui pandemi covid-19 berdampak pada berkurangan stok timah, sehingga berdampak pada membaiknya harga timah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya