Kamis 15 Juli 2021, 20:11 WIB

Refocusing Telkom dan Telkomsel untuk Sokong Startup Muda

Mediaindonesia | Ekonomi
Refocusing Telkom dan Telkomsel untuk Sokong Startup Muda

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Menteri BUMN Erick Thohir

 

MENTERI BUMN Erick Thohir mengungkapkan tujuan refocusing bisnis Telkom dan Telkomsel yakni agar BUMN bisa berpihak kepada perusahaan rintisan atau startup muda Indonesia.

Erick mengatakan jika bicara ekosistem digital,  Kementerian BUMN mengembalikan Telkom dan Telkomsel kepada bisnis yang diinginkan. Telkomsel menjadi digital company dan Telkom menjadi services company. Karena itu sejak awal Menteri BUMN meminta Telkom untuk refocusing kepada data center, jaringan, infrastruktur fiber optic, dan sebagainya.

"Dengan demikian bisa ada ekosistem baru yang kami lakukan yakni kami berpihak kepada startup-startup muda Indonesia, yang selama ini dibantu investasinya oleh asing, kita bisa masuk untuk membantu startup-startup tersebut. Kita beri kesempatan anak muda Indonesia berkarya," ujar Erick Thohir dalam seminar daring di Jakarta, Kamis.

Saat ini, lanjut Erick, Kementerian BUMN sedang melakukan konsolidasi besar-besaran, yang mana akan membuat sistem kurasi atau curation system untuk investasi digital.

Baca juga: BUMN Berbenah Sikapi Aturan Baru CSR BUMN

"Kita lihat kalau China punya 105 startup, Indonesia baru lima. Amerika Serikat punya 257 startup, Indonesia baru lima. Kalau kita bisa seperempat saja dari China maka ada potensi 25 startup yang namanya futures daripada pemain besar di Indonesia," katanya.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa upaya membantu perusahaan rintisan atau startup perlu didukung infrastruktur digital dan pusat data (data center).

Di Telkom sendiri, ujar Erick, sudah memiliki perusahaan yang namanya MDI Ventures untuk berinvestasi pada perusahaan startup.

MDI Ventures merupakan anak usaha Telkom yang bermitra untuk pengembangan startup digital.

Tidak hanya di Telkom, upaya mendukung startup juga dilakukan oleh Telkomsel, Mandiri dan beberapa perusahaan BUMN lainnya.

Erick mengatakan ingin ada data center yang kuat, memiliki jaringan Wifi dan fiber optic yang kuat karena semua hal tersebut berkaitan dengan data. (Ant/OL-4)

Baca Juga

Antara

Erick : Restrukturisasi Bisnis Bikin BUMN Buntung Jadi Untung

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 23:41 WIB
Dia menyebut telah memangkas jumlah perusahaan BUMN dari sebelumnya 142 perusahaan menjadi hanya...
AFP/Andy Buchanan.

Saudi Luncurkan Daerah Wisata Lepas Pantai Pertama di Dunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 23:15 WIB
Rig ialah proyek di sektor pariwisata dan hiburan, salah satu sektor strategis utama PIF, dan diharapkan dapat memberikan nilai tambah yang...
Dok Kementeriqn Luar Negeri

Forum Bisnis RI-Amerika Latin Raup Transaksi Rp1,23 Triliun

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 23:03 WIB
Terdiri dari transaksi dagang yang telah disepakati sebesar US$19,08 juta atau Rp268 miliar dan komitmen dagang US$68,88...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya