Sabtu 10 Juli 2021, 18:04 WIB

Menparekraf dan Wamendag Dukung Program Bangga Buatan Indonesia

mediaindonesia.com | Ekonomi
Menparekraf dan Wamendag Dukung Program Bangga Buatan Indonesia

ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat memberikan keterangan pers.

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan dirinya bangga bisa memberikan dukungan pada penyelenggaraan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI)  yang diselenggarakan Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo).

Selain itu, Sandiaga juga berharap bahwa program vaksinasi Covid-19 turut mendukung program-program pemerintah yang lain seperti Program Bangga Buatan Indonesia (BBI).

HBDI diluncurkan beberapa hari lalu bersamaan dengan program vaksinasi Covid-19 bagi penyandang disabilitas  yang juga diselenggarakan Hippindo. 

“Kami bangga mendukung penyelenggaraan HBDI. Saya, Wamendag Jerry Sambuaga dan Menteri UMKM berharap ini bisa menjadi satu kesatuan dengan program lain seperti Bangga Buatan Indonesia (BBI)” kata Sandiaga pada keterangan pers, Sabtu (10/7).

Sandiaga juga secara khusus mengapresiasi semangat Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga yang mendukung perdagangan baik perdagangan luar negeri maupun dalam negeri. Ia menilai Jerry menunjukkan semangat millennial.

Sementara itu, Wamendag  juga sangat mengapresiasi program HBDI. Menurutnya, HBDI adalah cara untuk menggairahkan kembali pasar dan upaya membangkitkan kembali ekonomi.

“Banyak sektor yang terdampak Covid-19, termasuk kemudian berimbas pada daya beli masyarakat. Ini adalah wujud kontribusi nyata dari para pengusaha dan pelaku sektor ritel untuk membangkitkan ekonomi,” kata Jerry.

Kemendag, menurut Jerry, terus memberikan fasilitasi dan dorongan kepada pelaku usaha di semua level agar bukan hanya bertahan tetapi bangkit dan tumbuh. 

“Performa perdagangan dalam negeri sendiri turut menjadi kekuatan yang membendung dampak Covid-19. Selain itu, perdagangan luar negeri Indonesia juga terus mencatat tren surplus sehingga menjadi bagian tak terpisahkan dari upaya mitigasi ekonomi sebagai akibat Covid-19,” paparnya.

Jerry juga mengatakan dirinya bersama Menparekraf dan Menkop UMKM Teten Masduki akan berupaya menintegrasikan berbagai program yang diusung oleh pelaku usaha dan stakeholder lain dengan program-program pemerintah seperti bangga Buatan Indonesia.

Menurut Wamendag, hal ini adalah langkah konkret agar pelaku usaha dan produsen Indonesia bisa mengoptimalkan potensi pasar dalam negeri.

“Sebenarnya potensi pasar domestik Indonesia sendiri sangat besar. Kalau kita memakai produk dalam negeri tentu ini akan menjadi kekuatan yang sangat besar dalam menguatkan struktur ekonomi Indonesia. Karena itu, mari kita terus mencintai, membeli dan memakai produk dalam negeri,” papar Jerry.

Akses pasar yang dipunyai peritel yang tergabung dalam Hippindo, menurut Wamendag,  akan menjadi kekuatan tersendiri dalam membangkitkan ekonomi Indonesia. Pasalnya mereka yang berhubungan langsung dengan konsumen.

Wamendag mengatakan bahwa Hippindo adalah pihak yang paling bersentuhan langsung dengan perilaku dan daya beli konsumen yang menjadi indikator mengenai kemampuan dan gaya konsumsi masyarakat.

Karena itu, Jerry menegaskan bahwa kontribusi Hippindo harus disinergikan dan diintegrasikan dengan kontribusi stakeholder lain sehingga memunculkan kesatuan kekuatan ekonomi nasional yang tangguh.

“Semua bekerja, pemerintah bekerja, swasta bekerja, elemen masyarakat bekerja. Dan mari perkuat kerja sama agar hasilnya lebih optimal,” ucap Jerry. (RO/OL-09)

 

Baca Juga

DOK Pribadi.

Merek Lokal Queensland Luncurkan Koleksi Terbaru

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Desember 2021, 23:09 WIB
Koleksi tersebut dapat ditemukan dan dibeli di toko offline yang tersebar luas di seluruh Indonesia dan tersedia pada online store yang...
Dok. Nippon Paint

Ekspansi Bisnis ke sektor Konstruksi, Nippon Paint Akuisisi Selleys dan Vital Technical

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 05 Desember 2021, 22:10 WIB
akuisisi itu didasari potensi pasar retail SAFL dapat mencapai Rp6 Triliun per tahun berdasarkan penelitian pasar yang dilakukan secara...
ANTARA

Perubahan Kebijakan The Fed dan Omicron Tentukan Fluktuasi Pasar Saham

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 05 Desember 2021, 19:22 WIB
kepastian varian Omicron covid-19 dinilai juga sangat mempengaruhi pasar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya