Selasa 06 Juli 2021, 17:21 WIB

Sandiaga Janjikan Percepat Distribusi Dana Hibah Industri Pariwisata

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Sandiaga Janjikan Percepat Distribusi Dana Hibah Industri Pariwisata

Kemenparekraf
Sandiaga Uno

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjanjikan pendistribusian dana hibah pariwisata akan dipercepat. Hal ini seiring adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat di Pulau Jawa dan Bali.

"Dana hibah ini sekarang bolanya sudah bergulir, K/L sekarang sedang memproses. Harapan kami segera dirampungkan. Dengan adanya PPKM darurat, kami mengambil keputusan untuk percepatan," ujar Menparekraf dalam keterangannya, Senin (5/7).

Sandiaga berharap proses validasi dapat rampung di bulan ini. Sebab, proses mekanisme verifikasi dana hibah pariwisata membutuhkan waktu.

Dia menyebut, belajar dari tahun lalu karena sampai menunggu akhir tahun pencairan hibah pariwisata dan akhirnya sekitar 30% tidak terealisasi.

"Kami tidak ingin itu terjadi. Saat ini masyarakat paling membutuhkan, sehingga dapat kita sentuh dengan program dana hibah pariwisata maupun bansos," tutur Sandiaga.

Selain dana hibah pariwisata, Kemenparekraf juga turut menyiapkan bantuan lainnya untuk pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Seperti, bantuan insentif pemerintah senilai Rp60 miliar, bantuan sosial yang akan disalurkan Kementerian Sosial, maupun bantuan lainnya.

"Bantuan sosial ini arahan bapak presiden, bahwa dalam minggu ini harus segera direalisasikan," ucap mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Sandiaga juga menjelaskan bahwa pemerintah tengah berusaha semaksimal dalam mendistribusikan vaksin kepada seluruh masyarakat Indonesia agar tercipta herd immunity. Hal ini guna membangkitkan sektor parekraf.

Salah satu upayanya ialah menjadikan mahasiswa politeknik pariwisata agen percepatan vaksinasi. Nantinya, mahasiswa politeknik pariwisata yang mampu untuk menghimpun jumlah penerima vaksin terbanyak akan diberi hadiah berupa beasiswa.

"Kami akan berikan hadiah beasiswa, ini akan dimulai di Politeknik Pariwisata Bandung," pungkas Sandiaga. (OL-8)

 

Baca Juga

Ist

Sandiaga: Santri Digitalpreneur Tingkatkan Kapasitas SDM dan Buka Lapangan Kerja

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Desember 2021, 09:29 WIB
Dalam menghadapi era industri 4.0 yang serba digital, Indonesia membutuhkan sumber daya manusia yang profesional, kempetitif, dan...
Dok Kemenparekraf

Sertifikasi CHSE di Lokasi Wisata Kini Dilengkapi SNI

👤Iis Zatnika 🕔Minggu 05 Desember 2021, 06:00 WIB
Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Skema Akreditasi CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety & Environment Sustainability) untuk sektor...
Dok. Pribadi

Basuki Tjahaja Purnama Dinilai Cocok Pimpin Badan Pangan Nasional

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 23:51 WIB
BTP memiliki kapasitas dan kepemimpinan yang kuat serta komitmen politik dalam mewujudkan kedaulatan pangan dan kemandirian pangan di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya