Kamis 10 Juni 2021, 08:33 WIB

OJK Raih Opini WTP Laporan Keuangan 2020

mediaindonesia.com | Ekonomi
OJK Raih Opini WTP Laporan Keuangan 2020

MI/Ramdani
Gedung OJK.

 

OTORITAS Jasa Keuangan (OJK) mendapatkan opini Wajar tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan OJK Tahun 2020. 

Penyampaian opini WTP tersebut termuat dalam surat BPK RI yang ditandatangani oleh Anggota BPK RI Pius Lustrilanang kepada Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso yang diterima belum lama ini. 

Opini WTP tersebut diperoleh OJK untuk kedelapan kalinya secara berturut-turut sejak Laporan Keuangan OJK pertama kali terbit pada 2013.

Baca Juga: Bamsoet : OJK Harus Buat Aturan Penagihan Utang Pinjol

Melalui keterangan resmi­nya, Deputi Komisioner Hubung­an Masyarakat dan Logistik Anto Prabowo menyampaikan OJK memberikan apresiasi yang setinggi-tinggi­nya kepada BPK atas dukungan dan bimbingan dalam membangun sistem pengendalian internal dan governance di OJK sejak awal pendirian OJK hingga saat ini.

OJK juga menyambut baik hasil pemeriksaan yang disampaikan oleh BPK terhadap Laporan Keuangan OJK Tahun 2020 yang sangat berguna untuk terus meningkatkan kualitas tata kelola, penyempurnaan proses bisnis dan peningkatan pengendalian internal yang efektif di OJK.

Anto melanjutkan berbagai hal telah dilakukan OJK dalam mewujudkan visinya menjadi lembaga yang kredibel melalui perbaikan kebijakan di berbagai bidang.

Di antaranya ialah meningkatkan efektivitas organisasi, memperbaiki sistem manajemen keuangan yang terintegrasi, membangun sistem manajemen sumber daya manusia, sistem manajemen aset, sistem procurement yang akuntabel dan berkualitas, serta beberapa sistem lainnya yang akan terus disempurnakan.

Di samping itu, OJK terus menyempurnakan peraturan terkait standar akuntansi keuangan yang digunakan OJK melalui kerjasama dengan lembaga/profesi terkait, seperti Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). 

“Hal ini merupakan bagian dari semangat OJK untuk menjalankan continuous improvement untuk memenuhi ekspektasi stakeholders,” terang Anto.

OJK juga, lanjut dia, akan terus berupaya melakukan perbaikan, diantaranya melalui percepatan proses ­penyelesaian tindak lanjut seluruh rekomendasi yang disampaikan oleh BPK sebagai wujud komitmen OJK dalam menjaga aspek governance. (RO/S3-25)

Baca Juga

Dok Xendit

3 Tips bagi UMKM untuk Maksimalkan Tools dan Program Gratis

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 16 Juni 2021, 23:53 WIB
Simak di sini beberapa tips bagi para UMKM untuk memanfaatkan tools dan program bebas biaya demi kemajuan...
Dok. Cloudkitchen

Cloudkitchen.id Bantu Pengusaha Kuliner Luaskan Pasar di Masa Pandemi

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 16 Juni 2021, 23:17 WIB
Dengan sistem yang dibuat Cloud Kitchen, para pebisnis kuliner dapat tetap mempertahankan bisnisnya dengan menekan besaran biaya...
Antara

Hingga Mei, Arus Peti Kemas JICT Capai 807 Ribu TEUs

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 16 Juni 2021, 23:13 WIB
Tahun ini ditargetkan melayani arus peti kemas 2,1 juta TEUs atau naik 16% dibandingkan tahun...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghitung Ancaman Megathrust Pesisir Selatan Jatim

Analisis mengenai potensi gempa dan tsunami harus dijadikan pengingat untuk memperkuat mitigasi kegempaan dan tsunami di wilayah Jawa Timur.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya