Selasa 06 April 2021, 15:08 WIB

RI Siap Pamer Peta Jalan Industri 4.0 Lewat Hannover Messe

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
RI Siap Pamer Peta Jalan Industri 4.0 Lewat Hannover Messe

Antara
Ilustrasi peserta pelatihan menyelesaikan rancangan plat di tengah era industri 4.0.

 

INDONESIA menjadi official partner country pada Hannover Messe 2021 Digital Edition. Nantinya, Indonesia membagikan kepada dunia terkait pencapaian dalam implementasi peta jalan penerapan industri 4.0.

Mengusung tema Making Indonesia 4.0, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut pemerintah berupaya memanfaatkan ajang pameran teknologi terbesar di dunia untuk memperkenalkan kekuatan teknologi industri. Serta, mendorong adanya jejaring rantai suplai global.

“Selain itu, kami juga mendorong transfer teknologi melalui keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2021,” ungkap Agus dalam keterangan resmi, Selasa (6/4).

Baca juga: Pemerintah Dorong Pembangunan Industri Berkelanjutan

Lebih lanjut, Agus mengatakan Hannover Messe 2021 dijadwalkan pada 12-16 April 2021 secara digital, serta berlangsung selama satu tahun hingga 2022 mendatang.

Peta jalan Making Indonesia 4.0 merupakan inisiatif untuk percepatan pembangunan industri memasuki era industri 4.0. Sasaran utamanya adalah menjadikan Indonesia sebagai 10 negara ekonomi terbesar dunia pada 2030.  

Berdasarkan peta jalan tersebut, terdapat tujuh sektor industri yang didorong sebagai fokus prioritas pada Making Indonesia 4.0. Rinciannya, industri makanan dan minuman, tekstil dan busana, otomotif, kimia, elektronika, farmasi, serta alat kesehatan.

Baca juga: Jokowi: Investasi Kunci Pertumbuhan Ekonomi 5%

"Ketujuh sektor ini dipilih karena dapat memberikan kontribusi sebesar 70% dari total PDB manufaktur, 65% ekspor manufaktur dan 60% pekerja industri,” papar Agus.

Kehadiran Indonesia sebagai official partner country secara digital, akan berlangsung selama setahun hingga berganti partner country Hannover Messe dari negara mitra lainnya. Industri nasional menunjukkan kesiapannya dalam menghadapi pandemi covid-19. Termasuk, memanfaatkan teknologi industri 4.0, sehingga tetap dapat menjaga aktivitas produksi.(OL-11)

 

 

 

 

Baca Juga

Ist

BPJAMSOSTEK Realisasikan Manfaat Beasiswa Rp174 Juta untuk 2 Anak

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 April 2021, 22:35 WIB
Permenaker No 5 Tahun 2021 mengatur teknis pelaksanaan pemberian manfaat program JKK, JKM, dan JHT, dengan salah satunya adalah...
sanmarcosrecord.com

14,5 Ton Semangka Diekspor ke Uni Emirat Arab

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 April 2021, 22:28 WIB
Ekonomi Indonesia harus tumbuh tiga kali lipat GDP per kapita hingga tahun 2038. Jika tidak, Indonesia akan terperangkap dengan jebakan...
MI/Insi NAntika Jelita

KKP Minta Kadin Ikut Optimalkan Potensi Pasar Sektor Kelautan

👤M. IQbal Al Machmudi 🕔Rabu 21 April 2021, 22:18 WIB
"Indonesia akan fokus pada ekspor tiga komoditas unggulan, yakni Udang, Lobster dan Rumput Laut, dengan nilai total pasar mencapai USD...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jejak Herbal Cagar Biosfer

Lingkungan alam di Malang menunjang pembudidayaan tanaman obat. Ada sejarah panjang yang melingkupinya

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya