Minggu 17 Januari 2021, 14:14 WIB

Luhut Minta Masyarakat Borong Produk Lokal

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Luhut Minta Masyarakat Borong Produk Lokal

Dok. Kemenko Marves
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat bertemu dengan perwakilan pemerintah Tiongkok.

 

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat untuk rajin membeli dan menggunakan produk buatan dalam negeri.

Melalui upaya tersebut, lanjut dia, industri lokal dapat bertahan di tengah gempuran produk impor yang masuk ke Tanah Air.

"Yang lebih penting adalah aksi nyata kita membeli produk lokal. Saya imbau kita semua untuk membeli sebanyak mungkin produk lokal. Itu membuat industri lokal hidup," ungkap Luhut secara virtual, Minggu (17/1).

Baca juga: Bank Dunia: Ekonomi RI Pascapandemi tidak akan Seperti Dulu

Dia menyoroti kehadiran produk sepeda buatan dalam negeri. Menurutnya, itu menjadi bukti bahwa Indonesia mampu bersaing dengan produk luar negeri. Luhut berharap masyarakat terbiasa menggunakan produk buatan lokal, seperti sepeda, dalam kegiatan sehari-hari.

"Hadirnya produk sepeda dan produk lain Indonesia merupakan bukti nyata produk indonesia tidak kalah dengan produk negara lain," pungkas Luhut.

"Mari mendorong produk dalam negeri. Kita semua harus bangga memakai produk lokal dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk aktivitas kebugaran tubuh seperti bersepeda," imbuhnya.

Baca juga: Pemerintah Cari Konsep Kemitraan UMKM yang Fleksibel

Luhut menargetkan 6,1 juta pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) masuk platform ekosistem digital (on boarding) hingga 2023. Saat ini, terdapat 13 juta UMKM yang sudah go digital.

Keberadaan UMKM dinilai sebagai tulang punggung ekonomi nasional. Sebab, jumlah pelaku UMKM di Tanah Air mencapai 64 juta.

"Kami berharap lebih dari 20 juta (UMKM on boarding) di tahun ini. Di samping peningkatan pasar tahun ini, mari kita dorong UMKM masuk pasar digital," tutupnya.(OL-11)

 

Baca Juga

Antara

Erick : Restrukturisasi Bisnis Bikin BUMN Buntung Jadi Untung

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 23:41 WIB
Dia menyebut telah memangkas jumlah perusahaan BUMN dari sebelumnya 142 perusahaan menjadi hanya...
AFP/Andy Buchanan.

Saudi Luncurkan Daerah Wisata Lepas Pantai Pertama di Dunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 23:15 WIB
Rig ialah proyek di sektor pariwisata dan hiburan, salah satu sektor strategis utama PIF, dan diharapkan dapat memberikan nilai tambah yang...
Dok Kementeriqn Luar Negeri

Forum Bisnis RI-Amerika Latin Raup Transaksi Rp1,23 Triliun

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 23:03 WIB
Terdiri dari transaksi dagang yang telah disepakati sebesar US$19,08 juta atau Rp268 miliar dan komitmen dagang US$68,88...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mengenal Skandal Menghebohkan Pandora Papers

Rahasia kekayaan para elite kaya yang berasal dari 200 negara dan wilayah di dunia terungkap melalui dokumen Pandora Papers

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya