Senin 19 Oktober 2020, 14:01 WIB

AirAsia X Hentikan Operasi di Indonesia

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
 AirAsia X Hentikan Operasi di Indonesia

AFP/Sadiq Asyraf
.

 

MASKAPAI berbiaya rendah asal Malaysia, AirAsia X, menyetop operasinya dengan menutup cabangnya di Indonesia. Ini merupakan upaya untuk penyelamatan bisnis yang dikabarkan di ambang kebangkrutan karena pandemi covid-19.

Dilansir dari website Simple Flying, AirAsia X membutuhkan lebih dari US$100 juta untuk menghindari likuidasi. "Kami kehabisan uang," kata wakil ketua AirAsia X Lim Kian Onn kepada media Malaysia, Senin (19/10).

Dikenal sebagai AirAsia Berhad, perusahaan penerbangan itu dipimpin oleh Tony Fernandes yang berbasis di Malaysia. Selama bertahun-tahun, berbagai maskapai afiliasi telah memisahkan kapal induk Malaysia. Mereka berbagi nama dan merek AirAsia.

Yang beroperasi di Indonesia ialah Indonesia AirAsia. Maskapai penerbangan bertarif rendah itu berbasis di Tangerang, Indonesia. Maskapai ini mengoperasikan layanan domestik dan internasional terjadwal.

Indonesia AirAsia X sempat menerbangkan penerbangan internasional jarak jauh berjadwal dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali.

AirAsia Berhad memiliki 49% saham di afiliasinya di Indonesia. Hukum Indonesia melarang bisnis asing untuk memiliki mayoritas maskapai penerbangan lokal. Itu membuat bisnis terkemuka Indonesia, Fersindo Nusaperkasa, mengambil 51% saham di Indonesia AirAsia. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Reno Esnir

DPR Minta PLN Kaji Ulang Rencana Kenaikan Tarif Listrik 

👤Insi Nantika jelita 🕔Jumat 03 Desember 2021, 17:49 WIB
Menurutnya, rencana kenaikan tarif listrik akan memberatkan bagi konsumen yang sampai sekarang ekonominya masih terdampak pandemi...
DOK KEMENTAN

ODICOFF Turki Gaet Puluhan Buyer Lakukan Kontrak Kerja Sama Perdagangan, Capai Rp115 Miliar Lebih

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 17:28 WIB
Komoditas yang menjadi bagian kerja sama ini di antaranya kopi, beras premium, rempah, pupuk organik, black...
dok Bappenas

Peta Jalan Ekonomi Kerthy Bali, Langkah Awal Transformasi Ekonomi Indonesia

👤Adiyanto 🕔Jumat 03 Desember 2021, 17:08 WIB
Peluncuran Peta Jalan dan Master Plan ini merupakan bentuk penerjemahan arahan Presiden Jokowi kepada Kementerian PPN/Bappenas untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya