Sabtu 29 Agustus 2020, 15:30 WIB

Menteri Ida: Pencairan BLT Pekerja Bertahap agar Tepat Sasaran

Hilda Julaika | Ekonomi
Menteri Ida: Pencairan BLT Pekerja Bertahap agar Tepat Sasaran

MI/Reza Sunarya
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah

 

PENCAIRAN tahap pertama bantuan langsung tunai (BLT) untuk pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta sudah dilakukan untuk 2,5 juta penerima dari total 15,7 juta. Ini artinya masih banyak pekerja yang belum mendapatkan BLT ini.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan hal ini wajar terjadi. Karena memang desain pencairan BLT pekerja ini dilakukan secara bertahap. Pencairan akan dilakukan kepada minimal 2,5 juta pekerja tiap pekannya.

"Kenapa baru 2,5 juta pekerja dulu? Karena kami memiliki prinsip kehati-hatian dan agar tepat sasaran. Jadi per batch per pekan akan kami coba naikkan dari 2,5 juta ke 3 juta penerima akan diupayakan. Artinya meskipun teman-teman pekerja sudah menyerahkan sesuai dengan syarat dan kalau sudah tervalidais maka akan secara bertahap. Target akhir September bisa terselesaikan semua,” janjinya saat dihubungi oleh Media Indonesia, Sabtu (29/8).

Lebih lanjut Ida memaparkan dari total 15,7 juta penerima, saat ini sudah 13,8 juta yang telah menyerahkan nomor rekeningnya. Sementara itu yang nomor rekeningnya sudah tervalidasi baru 10,8 juta. Dari jumlah inilah tengah diupayakan penyaluran BLT secara bertahap.

Baca Juga: Setiap Pekan, Pemerintah Transfer BLT ke 2,5 Juta Pekerja

“Kalau bertanya kok saya belum menerima. Tanyakan ke HRD perusahaan, apakah sudah menyerahkan nomor rekeningnya. Kemudian dari 13,8 juta kan harus divalidasi karena bisa saja nomor rekening yang diserahkan tidak sama dengan yang dipunyanya, bisa jadi pakai rekening kakanya atau saudaranya,” ungkapnya.

Adapun untuk rekening yang tidak lolos validasi akan dikembalikan oleh BP Jamsostek kepada perusahaan. Pengembalian ini untuk proses perbaikan kelengkapan dokumen. Selain itu, masyarakat pun bisa mengecek data personal ke BP Jamsostek.

“Kami (Kemenaker) hanya menerima data validasi dari BP Jamsostek dan melakukan pengecekan terakhir. Ketika sudah sesuai akan diserahka n ke bank penyalur untuk ditransfer langsung ke rekening penerima,” pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: BLT dari Pemerintah Khusus buat Pekerja yang Gajinya Pas-pasan

Baca Juga

Antara/Aswaddy Hamid.

Riau Siapkan 30.000 Hektare untuk Lumbung Pangan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 05 Maret 2021, 05:55 WIB
Komoditasnya yaitu padi, jagung, dan terintegrasi juga dengan beberapa jenis tanaman...
Antara/Muhammad Adimaja.

Erick Thohir Beberkan Alasan Penunjukan Said Aqil Jadi Komut KAI

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 05 Maret 2021, 03:15 WIB
Erick pun menyamakan pengangkatan Said Aqil seperti pengangkatan Chandra Hamzah di Bank Tabungan Negara (BTN) yang memiliki background yang...
Antara/Teresia May.

Mendag Kisahkan Latar Belakang Jokowi Sebut Benci Produk Asing

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 05 Maret 2021, 01:30 WIB
Ada artikel yang dikeluarkan oleh lembaga internasional dunia yang mengisahkan hancurnya kegiatan UMKM terutama di fesyen Islam yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya