Kamis 27 Agustus 2020, 13:54 WIB

Kementan Salurkan Bantuan Benih Cengkeh ke Halmahera Barat

mediaindonesia.com | Ekonomi
Kementan Salurkan Bantuan Benih Cengkeh ke Halmahera Barat

DOK KEMENTAN

 

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meminta jajarannya,  melakukan pendampingan untuk meningkatkan nilai tambah, daya saing, dan keunggulan setiap komoditas perkebunan termasuk rempah. Hal ini disampaikannya saat berkunjung ke Provinsi Maluku akhir Mei lalu. Saat itu Mentan Syahrul menegaskan sektor hulu harus diperkuat dan sektor hilir dikembangkan sehingga ada nilai tambah.

Mentan Syahrul meminta pendampingan ini kepada jajarannya karena Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya dalam menjaga ketersediaan dan stabilitas pasokan serta peningkatan produksi. Ini termasuk produktivitas komoditas pertanian termasuk perkebunan.

Direktur Jenderal Perkebunan, Kasdi Subagyono mengungkapkan pihaknya menaruh perhatian besar pada peningkatan produksi, produktivitas, nilai tambah dan daya saing produk perkebunan.

Usaha perkebunan sebagai salah satu sub-sektor strategis yang memiliki peranan penting dalam pembangunan Nasional, untuk itu produksi dan produktivitas serta kualitas komoditas sangat perlu dijaga, sehingga ketersediaan komoditas tetap tersedia dan berdaya saing.

Tuntutan dalam meningkatkan produksi komoditas perlu didukung sepenuhnya dengan penggunaan benih berkualitas baik dan bukan benih asalan. Karena hasil produksi perkebunan merupakan bahan baku industri yang sangat dibutuhkan baik untuk kebutuhan dalam negeri maupun kebutuhan ekspor, termasuk hasil dari komoditas cengkeh.

Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan pada awal Juli lalu (10/07), memberikan bantuan benih cengkeh kepada Kelompok Tani Simomi Gam di Desa Marimabati Kecamatan Jailolo Selatan Kabupaten Halmahera Barat.

Dalam kunjungannya, mewakili Direktur Jenderal Perkebunan, Direktur Perlindungan Perkebunan Ardi Praptono mengatakan bahwa Bantuan benih ini merupakan bagian dari kegiatan Rehabilitasi Cengkeh Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian. Dimana Direktorat Jenderal Perkebunan mengalokasikan kegiatan Rehabilitasi Cengkeh untuk Kabupaten Halmahera Barat seluas 150 hektar. Benih sebanyak 9750 batang untuk 6 (enam) kelompok tani, dimana masing-masing kelompok tani sebanyak 1625 batang benih cengkeh.

Pada kesempatan yang sama, turut melakukan kunjungan ke salah satu produsen benih di Desa Ake Diri Kabupaten Halmahera Barat yaitu CV. Nuada Maristika Jaya. “Kunjungan ini dimaksudkan untuk meninjau ketersediaan dan kondisi benih dalam pelaksanaan kegiatan rehabilitasi cengkeh di kabupaten Halmahera Barat Tahun 2020,” ungkapnya.

Diharapkan dengan adanya bantuan benih cengkeh ini, dapat mendorong dan mendukung petani dalam meningkatkan atau memperbaiki mutu, kualitas maupun produksi dan produktivitas cengkehnya serta membantu memenuhi kebutuhan hidupnya. (RO/OL-10)

Baca Juga

Ist/Sariraya

Kerja Sama RI-Jepang, Peluang UMKM Kembangkan Bisnis ke Jepang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Januari 2021, 20:34 WIB
Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi pelaku UMKM agar memanfaatkan peluang dari perjanjian perdagangan dan...
DOK BRI

Rangkul Fans MLBB, BRI Rilis BRIZZI Edisi Spesial Mobile Legend

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Januari 2021, 18:38 WIB
Saat ini BRIZZI telah menjadi salah satu alat pembayaran atau e-wallet bagi banyak...
Antara

Februari, Daging Sapi Impor Masuk Indonesia

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 24 Januari 2021, 15:04 WIB
Kementan menyebutkan impor daging sapi bakalan akan datang pada Februari 2021. Upaya impor tersebut untuk menjaga stabilitas harga dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya