Rabu 03 Juli 2019, 15:20 WIB

JK Minta BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan Jalin Kerja Sama

Nur Aivanni | Ekonomi
JK Minta BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan Jalin Kerja Sama

ANTARA
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kiri) berbincang dengan Dirut BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto (kanan)

 

WAKIL Presiden Jusuf Kalla meminta kepada BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan untuk menjalin kerja sama. Kerja sama tersebut dilakukan sebagai langkah untuk bisa menekan defisit dari BPJS Kesehatan.

"Dalam kenyataannya dua BPJS, satu BPJS Ketenagakerjaan yang mempunyai karya cukup besar, di lain pihak BPJS Kesehatan yang defisit terus menerus. Jadi perlu ada kerja sama yang baik," kata pria yang karib disapa JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (3/7).

Jika defisit BPJS Kesehatan sudah terlalu tinggi, itu bisa membebani keuangan negara. Pemerintah, sambungnya, juga mempunyai batas kemampuan untuk membantu dalam menangani defisit tersebut.

"Kalau ada satu pihak banyak, satu pihak defisit, makanya bebannya ke pemerintah. Kalau beban tentu ada batasnya kemampuan pemerintah," imbuhnya.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Tanggung Penuh Biaya RS Sellha Purba

Menanggapi perlunya kerja sama dengan BPJS Kesehatan, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti hal itu.

"Arahan Bapak Wapres tadi kita akan tindaklanjuti. Kita akan duduk bersama dengan rekan-rekan dari BPJS Kesehatan," tukasnya.

Secara teknis, pihaknya telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam hal pertukaran data, koordinasi dan lain sebagainya. Hanya saja, pihaknya tidak bisa melakukan subsidi silang antarprogram dengan BPJS Kesehatan.

"(Dari sisi) Regulasi, secara program tidak diperkenankan terjadinya subsidi silang antarprogram tapi operasional di lapangan, kegiatan administrasi, joint office, ini yang bisa kita sinkronkan dalam rangka mengoptimalkan iuran yang ada," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

Dok. Petrokimia Gresik

Petrokimia Gresik Raih Platinum Rank di ASRRAT 2022

👤Andhika Prasetyo 🕔Jumat 02 Desember 2022, 23:21 WIB
Penguatan transparansi itu menjadikan hasil penilaian di ajang ASRRAT meningkat dari Gold Rank menjadi Platinum Rank yang merupakan level...
Dok.SIG

SIG Raih Penghargaan Top Sustainable Development Goals pada Ajang Top SDGs Award 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 22:23 WIB
SIG telah menetapkan tiga pilar sebagai prioritas keberlanjutan Perseroan sebagai kerangka dan acuan strategi perusahaan...
Dok. Bea Cukai

Sinergi Antarinstansi Dorong Implementasi NLE

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 20:35 WIB
NLE merupakan ekosistem logistik nasional yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional sejak kedatangan sarana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya