Kamis 20 Juni 2019, 18:58 WIB

Artis Deddy Corbuzier Komentari Polemik Tiket Pesawat

Micom | Ekonomi
Artis Deddy Corbuzier Komentari Polemik Tiket Pesawat

Antara
Ilustrasi pesawat berada di apron Lombok International Airport (LIA) di Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (22/2).

 

ARTIS yang juga pembawa acara Deddy Corbuzier ikut menyikapi polemik mahalnya harga tiket pesawat yang ramai dibicarakan warganet. Pemilik nama lengkap Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo itu menilai melambungnya harga tiket bukan kesalahan Menhub Budi Karya Sumadi.

Melalui akun Twitter @corbuzier, ia mengatakan jika harga tiket memang bisa dibuat murah tentu pemerintah tidak akan menaikkannya.

Baca juga: Menhub Dorong Pelabuhan Marunda

'Pusing baca twit ttg Menhub.. Kaya gampang aja jadi Menhub..Mudik bisa lancar aja udah keren bgt..Let's think logically..Kalo harga tiket bisa murah ya ngak akan naik... Just my little shout'.

Hal tersebut ia lontarkan menyikapi banyaknya komentar terkait Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang sejak 2017 mampu mengelola mudik dengan lancar, dan semakin lancar dengan selesainya beberapa sarana dan prasarana transportasi, diserang akun anonim.

Sebelumnya, jagat dunia maya masih ramai dengan perbincangan harga tiket pesawat yang melambung tinggi. Pemilik akun Twitter @PartaiSocmed yang memiliki 173 ribu followers sampai membuat polling di Twitter lantaran kesal dengan kinerja Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Polling tersebut diikuti 10 ribu pemilih. Hasilnya ialah yang memilih opsi a. berhentikan secepatnya sebanyak 27%, opsi b jangan dipilih lagi sebanyak 9%, dan opsi c pilih lagi untuk periode II ialah 64%.

Terpisah, pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio mengatakan, masalah tarif pesawat bukan merupakan ranah kewenangan Kemenhub.

"Kemenhub tupoksinya mengatur di keselamatan, bukan di tarif. Di tarif hanya mengatur tarif batas atas dan tarif batas bawah, tidak boleh mengatur sub classes," ujar Agus.

Di sisi lain, pemerintah memutuskan menurunkan harga tiket penerbangan low cost carrier (LCC) domestik. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan itu dalam konferensi pers di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (20/6).

"Itu telah diambil kesimpulan dan merumuskan kebijakan penurunan harga tiket penerbangan dari LCC, yang levelnya bukan LCC silakan saja," kata Darmin.

Darmin menambahkan, penurunan harga tiket LCC domestik hanya akan dilakukan untuk jadwal penerbangan tertentu. Terkait berapa penurunan tarifnya dan jadwal penerbangan mana saja, Darmin belum bisa memerinci.

"Berapa Pak turunnya? Tunggu saja. Berapa lama? Seminggu dari sekarang akan disampaikan oleh masing-masing (maskapai) penerbangan. (Jadwal) Penerbangan jam berapa? Nanti akan diumumkan oleh masing-masing maskapai untuk LCC domestik," tuturnya. (Nur/A-5)

Baca Juga

Dok. Pertamina

Pendaftaran BBM Subsidi Lewat Website MyPertamina Khusus untuk Roda Empat

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:46 WIB
“60% masyarakat mampu atau yang masuk dalam golongan terkaya ini mengkonsumsi hampir 80% dari total konsumsi BBM...
Ist

Menuju Kelas Dunia, IPCC Terminal Kendaraan Luncurkan Logo Baru

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:12 WIB
Perjalanan itu kini membawa IPCC dalam posisi dari yang sebelumnya hanya sebagai Car Terminal Operator menuju Car Terminal...
Dok. Pribadi

Membangun Brand Bukan Hanya Sekedar Viral, Tapi Butuh Originalitas Untuk Bertahan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:07 WIB
Ian menegaskan, strategi viral marketing memang bisa membuka prospek, namun tidak bisa diimplementasikan untuk semua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya