Rabu 13 Juni 2018, 09:52 WIB

Satgas Pangan Telusuri Kenaikan Harga sampai ke Akar

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Satgas Pangan Telusuri Kenaikan Harga sampai ke Akar

ANTARA/Teresia May

 

SATUAN Tugas (Satgas) Pangan menjadi salah satu komponen utama dalam terciptanya kestabilan pasokan dan harga pangan dalam dua periode Ramadan dan Lebaran terakhir.

Tim tersebut terus bekerja memantau situasi terkini dari komoditas-komoditas pangan pokok, terutama yang rentan mengalami fluktuasi harga.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi mengungkapkan Satgas Pangan merupakan alat pengendali yang sangat penting. Mereka berada pada posisi yang sangat sentral.

"Mereka ada di bagian pengendalian distribusi, di bagian pengendalian harg. Sekali ada harga komoditas yang naik, mereka langsung telusuri penyebabnya," ujar Agung kepada Media Indonesia, Rabu (13/6).

Penelusuran dilakukan mulai dari hulu, tempat bahan pangan pertama kali diproses.

"Mereka akan mengecek apakah produksi bermasalah. Jika tidak, mereka akan bergerak ke bagian distribusi, apakah distribusinya bermasalah. Kalau tidak, mereka akan bergerak lagi ke tingkat hilir di pasar. Di manapun kenaikan harga berasal, itu yang digarap mereka. Satgas Pangan menelusuri sampai akarnya," jelas Agung.

Kegiatan tersebut dilakukan tim yang melibatkan berbagai pihak, mulai dari Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kepolisian Republik Indonesia, dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha serta Kementerian Perhubungan juga turut serta.

"Kami minta izin kepada Kemenhub agar truk pangan tidak ada pelarangan di jalan tol selama Ramadan, sama seperti bahan bakar minyak," tuturnya.

"Pengawasan kami lakukan terus setiap hari secara terus menerus dan laporan kami buat setiap pagi dan sore," pungkasnya. (OL-2)

Baca Juga

Humas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

Dukung SWF Indonesia, Jepang Siap Investasi Rp57 Triliun

👤(Des/Aiw/E-3) 🕔Minggu 06 Desember 2020, 05:25 WIB
JEPANG melalui Japan Bank for International Cooperation (JBIC) siap mendukung Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia dengan menginvestasikan...
Istimewa

Penerapan Industri Hijau dan Circular Economy Naikkan Daya Saing

👤Haryanto 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 22:35 WIB
PENINGKATAN produktivitas dan daya saing sektor industri manufaktur merupakan salah satu kunci untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi...
Dok.BCA

BCA Raih 33 Award di Contact Center World - Asia Pasifik 2020

👤Heryadi 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 21:22 WIB
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berhasil membuktikan layanan yang prima dengan membawa pulang 33 penghargaan dalam beberapa kategori ajang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya