Jumat 11 November 2022, 15:00 WIB

Masakan Padang Miliki Ciri Khas yang Buat Rasanya jadi Mendunia

adiyanto | Weekend
Masakan Padang Miliki Ciri Khas yang Buat Rasanya jadi Mendunia

dok MakCiak
ilustrasi: aneka menu masakan Padang

 

Orang Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan masakan Padang atau yang dikenal juga dengan masakan Minang. Salah satu kekayaan budaya kuliner dari Minangkabau ini sudah terkenal seantero Indonesia bahkan hingga ke mancanegara.

Meskipun disebut dengan masakan Padang, resep masakan ini tidak hanya berasal dari kota tersebut, tetapi juga terdapat di beberapa daerah lainnya, seperti Payakumbuh, Bukittinggi, Solok, dan Padang Pariaman.

Bergabungnya resep-resep masakan dari berbagai daerah di Sumatera Barat ini dahulu karena adanya interaksi sosial yang dinamis. Pengaruh timbal balik yang tercipta dari hubungan kehidupan manusia ini akhirnya melahirkan budaya kuliner untuk memenuhi kebutuhan, hingga lahirlah  penganan tersebut.

Masakan Minang atau masakan Padang memiliki cita rasa utama pedas dan gurih. Rasa gurih dan pedas diperoleh melalui santan dan cabai merah. Bumbu ini dapat dicampur dengan bahan baku seperti daging bebek, sapi, ayam, ikan dan lain sebagainya.

Sementara untuk sayurannya, masakan Padang lebih banyak menggunakan bahan nangka, buncis, pakis, daun singkong, kacang panjang, serta petai.

Menurut Aprizal salah seorang chef, racikan masakan Padang akan kental dan terasa pekat dengan bahan dan bumbunya serta memiliki ciri khas tersendiri. “Hal inilah yang juga membuat rasa masakan Padang digemari hingga mancanegara,” ujar prioa yang menjadi head chef di MakCiak, resto masakan Padang yang memiliki cabang di berbagai daerah ini.

Bahkan, salah satu menu masakan Padang yakni rendang menempati peringkat pertama makanan terenak di dunia atau World’s 50 Most Delicious Foods versi CNN International pada 2011 hingga 2019.

Aprizal mengatakan ciri khas setiap masakan Padang akan berbeda sesuai dengan pemilihan kualitas bahan baku yang dibuat, selain itu cita rasanya juga dapat berbeda dari tangan satu dengan tangan lain.

“Untuk menjamin rasanya tetap autentik, kita selalu bawa bumbu-bumbu itu dari Sumatera dari Padang,” kata Aprizal.

 “Kita mau masak dimana saja sama, asalkan bumbu dan bahannya sama, kemudian trik memasaknya juga benar pasti hasil rasanya akan sama,” imbunya.

Hidangan lezat yang ditawarkan MakCiak di antaranya adalah rendang, ayam gulai, sate, dendeng, tunjang, dan lain sebagainya. (RO/M-3)

Baca Juga

123RF

Studi: Kehamilan Segera Setelah Keguguran Tidak Lagi Sarat Risiko

👤Nike Amelia Sari 🕔Senin 28 November 2022, 21:57 WIB
Perempuan yang merasa siap untuk mencoba lagi segera setelah keguguran bisa melakukannya sepanjang tidak ada alasan medis yang melarang...
Dok. Youtube Elbit Systems

Lanius, Drone Pembunuh Buatan Israel yang Tuai Kritikan

👤Putri Rosmalia 🕔Senin 28 November 2022, 12:22 WIB
Sebuah perusahaan teknologi robot asal Israel, Elbit Systems, mengumumkan akan merilis produk terbaru mereka, drone pembunuh bernama...
MI/Devi

Gugur Gunung Merawat Seni Budaya

👤Devi Harahap 🕔Senin 28 November 2022, 12:14 WIB
Pertunjukan tari Nusantara ini menampilkan 20 jenis tarian dan musik dengan total 157 orang penampil mulai dari usia 3 sampai 55...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya