Kamis 10 November 2022, 12:00 WIB

APR Hadirkan Kembali 5 Brand dari JFW 2023 Collection di Jakarta Fashion Hub

Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Weekend
APR Hadirkan Kembali 5 Brand dari JFW 2023 Collection di Jakarta Fashion Hub

MI/Joan Imanuella Hanna Pangemanan
Konferensi pers Jakarta Fashion Hub

 

PADA Rabu (9/10), APR mengadakan Re-See Jakarta Fashion Week 2023 Collection berkolaborasi bersama lima brand lokal yang mendukung sustainable fashion. Mereka adalah FREDERIKA, Oline Workrobe, BT Batik Trusmi, Geulis, dan everyday.

Bertemakan I Love Viscose, koleksi tersebut akan dipamerkan di Jakarta Fashion Hub pada 7-11 November 2022. 

Pameran tersebut dibuka untuk publik yang tidak sempat melihat koleksi kelima brand tersebut di JFW 2023. Pengunjung dapat melihat dan merasakan secara langsung material serat rayon yang dihasilkan oleh APR dan kemudian diolah oleh brand-brand lokal Indonesia.

Baca juga: 5 Brand Lokal Indonesia Hadir di JFW 2023 bersama APR

Bahan utama dari koleksi tersebut menggunakan serat rayon APR yang mendukung sustainable fashion dengan sifatnya yang mudah terurai atau biodegradable, terbarukan dan berasal dari sumber yang legal dan dapat terlacak.

“Sustainable fashion kini menjadi hal yang sangat critical untuk ekosistem fesyen dunia. Oleh karena itu, kami berharap dukungan APR dan wadah kolaborasi yang kami inisiasi melalui Jakarta Fashion Hub bisa
turut memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan fesyen Indonesia yang berkelanjutan” ungkap Head of Marketing Communication Asia Pacific Rayon (APR) Zoey Rasjid.

Berikut beberapa penjelasan mengenai lima brand dalam koleksi Re-See JFW 2023:

FREDERIKA

Brand ini sebelumnya dikenal dengan nama EUREKA pada 2019. Kemudian pada November 2021, di bawah arahan Frederika Cynthia Dewi, mereka mengusung nama baru yakni FREDERIKA. 

Sehubungan dengan JFW 2023, FREDERIKA mempersembahkan koleksi SWEET PLANTATION untuk musim Resor 2023. 

Koleksi tersebut masih memiliki desain handmade dan batik kontemporer. Terinspirasi dari perkebunan akasia di Riau milik APR yang memiliki sistem penanaman yang ramah lingkungan. 

Dalam koleksi ini, FREDERIKA memakai katun Ready-for-Dye (40% rayon dan 60% katun) dan Polymix (35% Rayon Viscose dan 65% Polyester).

Oline Workrobe

Pada JFW 2023, Oline Workrobe hadir bersama koleksi Niskala. Koleksi ini terdiri dari skort, crop tops dan balloon sleeve yang lebih konstruktif dan modern sehingga nyaman dipakai sehari-hari. 

Warna yang digunakan dalam koleksi ini meliputi kombinasi warna hitam, putih, abu dan krem yang melambangkan kebutuhan penting yang dinamis masa kini. Juga beberapa warna kontras yaitu warna oranye yang menampilkan fun fashion yang terlihat kuat dan percaya diri. 

Penggunaan polyester dan viscose rayon dapat mendukung sustainable fashion, juga meminimalkan sampah sisa kain yang bisa menjadi aksesoris pada baju rancangan Oline Workrobe.

BT Batik Trusmi

Bersama dengan koleksi Sejati Bersanding, BT Batik Trusmi menceritakan tentang perjuangan seorang putri bernama Ong Tien yang meninggalkan semua kemewahan dan rela mengarungi samudra untuk menemui pujaan hatinya Sang Sunan Gunung Jati. 

Sally Giovanny, owner dari BT Batik Trusmi, menyatakan adanya akulturasi budaya yang menjadi inspirasi BT Batik Trusmi dalam JFW 2023 melalui koleksi fashion batik Cirebon dengan pesan nonverbal seperti warna dan motifnya. 

Sally juga ingin membatikkan Indonesia bahkan dunia yang tertuang dalam visi dari BT Batik Trusmi.

Geulis

Di tahun keduanya di JFW, Geulis hadir dengan koleksi Bloom Refresher Spring Summer 2023. Bloom Refresher adalah sebuah adaptasi tren modest yang kami ceritakan dalam busana fleksible dan modern. 

Seluruh koleksi Geulis menggunakan bahan fabrik terbarukan dari APR yakni Lyocell. Siluet baju seperti layering dan celana potongan panjang menjadi salah satu key look dari koleksi tahun ini. 

Kemudian, pada JFW 2023, Geulis juga menghadirkan 3 look terbaru untuk brand KASEP yang merupakan lini brand terbaru dengan spirit casual, urban dan timeless.

everyday

Koleksi Shape & Form terinspirasi dari suasana perkotaan yang mengambil wujud dan bentuk-bentuk yang membangun juga mempengaruhi hidup kita di perkotaan. 

Brand everyday menafsirkan inspirasi tersebut melalui motif dan siluet yang segar dalam koleksi Shape & Form. Kotak menjadi elemen utama dalam koleksi ini karena sering ditemui di perkotaan dan menjadi pondasi dari kehidupan di perkotaan. 

Penggunaan rayon dan katun sebagai material utama membuat brand everyday tidak hanya nyaman untuk pemakaian sehari-hari, tapi juga ramah untuk lingkungan. (OL-1)

Baca Juga

Unsplash

Putih Telur Menghilangkan Hampir 100% Mikroplastik dari Air

👤Nike Amelia Sari 🕔Jumat 25 November 2022, 19:45 WIB
Putih telur Putih telur memiliki kemampuan untuk menghilangkan garam dan mikroplastik dari air laut dengan cara yang luar biasa,...
Instagram @hectorbellerin/@dominiccalvertlewin/ @memphisdepay

Adu Fesyen Para Pesepak Bola

👤Putri Rosmalia 🕔Jumat 25 November 2022, 17:20 WIB
Dominic Calvert-Lewin, Memphis Depay, dan Hector Bellerin adalah beberapa pemain sepak bola yang juga menjadi ikon...
Dok. medicalnewstoday.com

Lima Tanda Infertilitas pada Perempuan

👤Putri Rosmalia 🕔Jumat 25 November 2022, 14:20 WIB
Hal-hal yang perlu diwaspadai sebagai tanpa infertilitas pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya