Selasa 01 November 2022, 04:30 WIB

5 Brand Lokal Indonesia Hadir di JFW 2023 bersama APR

Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Weekend
5 Brand Lokal Indonesia Hadir di JFW 2023 bersama APR

MI/HO
Peragaan busa Batik Trusmi di Jakarta Fashion Week bekerja sama dengan APR

 

ASIA Pacific Rayon (APR), bersama lima brand lokal, menampilkan koleksi yang mendukung sustainable fashion atau fesyen berkelanjutan di Jakarta Fashion Week 2023 di The City Hall, Pondok Indah Mall 3.

APR merupakan sebuah produsen serat viscose rayon berkelanjutan yang pertama di Asia yang terintegrasi penuh. 

Dengan slogan “From Plantation to Fashion,” APR memiliki visi yaitu jika melakukan sesuatu yang baik untuk komunitas, negara, iklim, pelanggan, hal tersebut akan memberikan hal positif untuk perusahaan.

Baca juga: Tiga Jenama Fesyen Muslim Hadirkan 'Woman In Rhythm' di Panggung JFW 2023

Kolaborasi antara APR dan lima brand tersebut diadakan pada hari terakhir JFW, Minggu (30/10). Lima brand tersebut adalah BT Batik Trusmi, Everyday, Frederika, Geulis, dan Olin Workrobe dalam menampilkan koleksi sustainable fashion bertemakan “I Love Viscose”. 

Semua koleksi tersebut menggunakan material dari serat viscose-rayon berkelanjutan yang diproduksi APR dan diaplikasikan dalam berbagai gaya.

Head of Marketing Communication Asia Pacific Rayon (APR) Zoey Rasjid menyatakan, dalam sebuah pernyataan, bahwa kehadiran APR di Jakarta Fashion Week 2023 sejalan dengan komitmen APR dalam mendukung industri tekstil dan fesyen berkelanjutan serta meningkatkan awareness mengenai sustainable fashion di dalam negeri.

“Ini juga sebagai komitmen kami untuk menyuarakan “Everything Indonesia”, dalam hal ini mendukung lebih banyak karya fashion yang berasal dari Indonesia dan untuk Indonesia,” ungkap Zoey.

Diketahui, serat rayon dengan tekstur lembut dan sejuknya cocok dipakai di iklim tropis seperti Indonesia. Kemudian, serat rayon juga bersifat versatile sehingga dapat dikombinasikan dengan bahan lainnya. 

Penggunaan serat rayon juga dapat mendukung tren sustainable fashion karena material ini bersifat terbarukan dan biodegradable (mudah terurai).

Brand daring Workrobe menggunakan serat rayon APR dalam koleksi “NISKALA”, yang mengandung unsur warna hitam, putih, abu, dan krem yang dominan. 

Mereka juga turut menggunakan sisa kain produksi dalam koleksinya, namun tetap terlihat stylish dan uptrend dengan permainan tekstur yang fun dan konstruktif.

Sementara itu, brand FREDERIKA hadir dengan koleksi “SWEET PLANTATION” yang terinspirasi dari kompleks hutan tanaman industri (HTI) akasia di Riau yang dikelola oleh pemasok APR, yakni APRIL Group. 

FREDERIKA memasukkan cerita keharmonisan antara kebutuhan manusia dan alam dalam koleksi ini.

Kemudian ada BT Batik Trusmi dengan motif Ong Tien, yang diaplikasikan bersama serat rayon yang terinspirasi dari “Endless Knot” atau simpul tak berujung yang memiliki makna keberuntungan, kebijaksanaan, dan keabadian.

Everyday dengan koleksinya yaitu “Shape & Form” memiliki konsep minimalis dan praktikal, serta membawa konsep basic-with-a-twist dengan pilihan warna yang vibrant dengan motif kotak-kotak yang menjadi elemen utama.

Lalu ada brand Geulis dengan koleksi “Bloom Refresher Spring Summer 2023.” Koleksi tersebut menghadirkan siluet baju layering, celana potongan panjang, serta setelan yang fleksibel dan modern. 

Selain itu, Geulis juga menampilkan look terbaru untuk brand KASEP, lini brand terbaru untuk pria dengan spirit casual, urban, dan timeless.

APR mendukung kegiatan Lembaga Perancang Mode (LPM) pada tahun lalu yang merupakan salah satu rangkaian acara JFW setiap tahunnya. 

Ke depannya, APR akan terus mendukung industri fashion tanah air dan dengan keterlibatannya di JFW 2023 diharapkan dapat menjadi medium untuk mengomunikasikan sustainable fashion melalui renewable rayon fibre products. (OL-1)

Baca Juga

123RF

Asal-muasal Baguette, Roti Prancis yang Masuk Dalam Warisan Budaya UNESCO

👤Devi Harahap 🕔Senin 05 Desember 2022, 19:31 WIB
Menurut hukum Prancis, baguette hanua dapat dibuat dengan empat macam...
MI/Nike Amelia Sari

Mengenang Gregory Churchill, Pakar Hukum yang Jatuh Cinta pada Wayang

👤Nike Amelia Sari 🕔Senin 05 Desember 2022, 15:00 WIB
Gregory Churchill, seorang ahli hukum yang juga kolektor wayang Indonesia, asal Amerika...
MI/Tiyok

Jon Bodo: Reuni

👤Tiyok 🕔Minggu 04 Desember 2022, 05:55 WIB
MAU kemana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya