Rabu 11 Mei 2022, 08:56 WIB

Mengenal Teknik dan Manfaat Seni Menggambar

Devi Harahap | Weekend
Mengenal Teknik dan Manfaat Seni Menggambar

dok: Ketua dari Forum Seniman Bekasi, Andri Wintarso
salah satu karya Andri Wintarso, Ketua dari Forum Seniman Bekasi

 

Menggambar adalah salah satu bentuk seni visual yang paling umum dikenal oleh berbagai kalangan. Gambar dibuat oleh seorang seniman menggunakan instrumen untuk membuat garis di atas kertas atau permukaan dua dimensi lainnya. Dalam menggambar, alat yang umum digunakan adalah pensil, kapur, arang, pena, tinta, pensil warna, krayon, kuas bertinta, penghapus, dan spidol.

Istilah "drawing" adalah deskripsi luas yang dapat diterapkan pada banyak karya, yang memiliki teknik bervariasi. Persepsi dan definisi gambar telah berubah dari waktu ke waktu dan oleh karena itu dapat menjadi tantangan untuk terus dikaji secara berkelanjutan.  

Namun, dalam pengertian modern, definisi menggambar secara luas adalah pembentukan garis pada suatu permukaan dengan menggunakan alat dan teknik tracing yakni sebuah teknik menggambar yang bisanya digunakan dalam ilustrasi maupun karya desain grafis lainnya untuk membuat sketsa dan memilih warna.

Seorang seniman drawing Tanah Air yang juga Ketua dari Forum Seniman Bekasi, Andri Wintarso mengatakan drawing (seni menggambar) merupakan seni yang sangat dasar sebagai bentuk ungkapan seseorang untuk menyampaikan ide dan gagasan. Drawing juga bisa menjadi media komunikasi perantara dalam membaca situasi dan kondisi sehingga mampu memprediksi berbagai perubahan sosial di masyarakat.

“Menggambar itu seni yang sangat basic. Seseorang yang menggambar itu sama saja seperti dengan menuangkan pemikirannya. Kalau seseorang mampu menggambar, dia mampu mengeluarkan ide dan gagasan dengan baik, mampu berkomunikasi dengan baik, mampu membaca situasi dan kondisi,” ujar Andri kepada Media Indonesia, Rabu (4/5).

Menggambar, atau membuat sketsa, adalah salah satu jenis seni dasar. Apakah mereka pelukis, pematung, atau seniman digital, banyak seniman akan belajar menggambar sebagai keterampilan artistik yang mendasar. Menggambar sering diajarkan kepada anak-anak dan siswa seni sebagai dasar kreatif.

“Menggambar selain sebagai sarana melatih motorik, psikomotorik juga menjadi alat bekomunikasi sebelum dapat menggunakan bahasa verbal dan tulis. Anak-anak dapat bebas dalam berekspresi, berkreasi dan berimajiansi saat melakukan aktifitas seni menggambar,” ujarnya.
 
Namun, menurut seniman yang akrab disapa Tarso ini, gambar adalah sebuah karya seni yang dapat digunakan untuk merencanakan atau menginstruksikan suatu objek. Menggambar memiliki tiga manfaat yakni, untuk memvisualisasikan konsep atau mengerjakan sesuatu, memberikan pola untuk mengikuti atau memberikan instruksi, hingga merekam atau mendeskripsikan suatu objek.

Ada beragam teknik pembelajaran berbeda yang dapat digunakan untuk mengajarkan seni menggambar, dan ini akan memengaruhi gaya seniman saat mereka mengasah keterampilan mereka.

Banyak dari gambar yang dibuat oleh para seniman tersohor sering dianggap sebagai karya seni paling signifikan di dunia, salah satunya adalah karya seni drawing dari Leonardo da Vinci berjudul “The Vitruvian Man”. Sedangkan seni gambar yang dihasilkan dari seniman kontemporer sering dianggap lebih bertujuan komersial dan sangat berkaitan erat dengan seni desain grafis, animasi, budaya pop, atau arsitektur. (M-4)

Baca Juga

MI

Sudoku edisi 15 Mei 2022

👤MI 🕔Minggu 15 Mei 2022, 06:10 WIB
SUDOKU atau dikenal juga dengan tebak angka (number...
MI/Tiyok

Jon Bodo: Ikut Demo

👤M. Tiyok 🕔Minggu 15 Mei 2022, 05:55 WIB
MAU kemana Jon, bawa pisau...
Butet K

Bung Sentil: Otak Keruh

👤Butet K 🕔Minggu 15 Mei 2022, 05:35 WIB
ALHAMDULILLAH, sekarang minyak goreng gak langka...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya