Kamis 07 April 2022, 13:01 WIB

Ini Kiat Potong Sendiri Rambut Anak

Nike Amelia Sari | Weekend
Ini Kiat Potong Sendiri Rambut Anak

Jonathan Weiss/ Unsplash
Memotong rambut anak lelaki membutuhkan alat clipper.

 

BEBERAPA waktu lalu santer berita mengenai Angelina Sondakh yang ternyata cukup piawai memangkas rambut. Selepas bebas dari tahanan, Angie- demikian ia akrab disapa, memangkas sendiri rambut sang anak Keanu Massaid.

Seperti Angie, banyak orangtua yang ingin, bahkan tidak jarang harus memotong sendiri rambut anaknya. Jika anda termasuk yang demikian, berikut beberapa kiat agar lebih mudah memotong dan hasilnya pun lebih bagus, dikutip dari situs kesehatan mindbodygreen.com: 


1. Untuk rambut sedang hingga panjang

Hal pertama yang penting adalah membagi rambut dalam beberapa bagian. Ini berguna karena pemotongan rambut dilakukan bertahap. 

"Minta mereka untuk menunduk. Dengan begitu, Anda akan dapat memotong bagian bawahnya dengan benar," kata penata rambut selebriti dan duta merek Biolage Sunnie Brook.

Pewarna rambut langganan selebritis dunia, George Papanikolas, juga berkata serupa. "Pastikan semua rambut di sekitar tengkuk tersisir, lalu potong dalam garis lurus," katanya. 
 
Bagian rambut pertama yang dipotong berguna sebagai panduan. "Bekerja dengan bagian yang lebih kecil membuatnya lebih mudah dan mengurangi kemungkinan kecerobohan," kata Papanikolas.  Teruskan sampai bagian terakhir.
 
Jika anda ingin memberikan potongan yang bertekstur, Brook menyarankan untuk memelintir rambut. "Untuk potongan yang lebih bertekstur, cobalah memelintir potongan rambut sebelum memangkasnya.  "Ini memberikan hasil akhir yang lebih lembut," kata Brook. 


2. Untuk rambut pendek

Jika Anda memotong rambut yang lebih pendek (misalnya, sepanjang dagu), Brook merekomendasikan untuk menggunakan sisir bergigi lebar untuk menyisir rambut ke bawah sebelum memangkas. 

hususnya untuk bagian rambut yang cenderung melengkung di sekitar telinga, Brook mengatakan jika Anda terlalu kaku, rambut akan memantul ke atas dan lebih pendek dari bagian belakang. Untuk memangkas bagian pendek itu, potonglah dalam garis lurus atau potong ujungnya secara vertikal.


3. Untuk rambut anak laki-laki

Anak laki-laki cenderung memiliki potongan pendek atau berlapis yang membuat tugas sedikit lebih sulit.  "Ini adalah yang paling menantang secara teknis," kata Brook.  Untuk membuat pekerjaan sedikit lebih mudah, pastikan untuk menggunakan clipper dengan pelindung yang lebih panjang.

Untuk bagian atas, jangan ragu untuk menggunakan gunting. Papanikolas merekomendasikan untuk mengangkat rambut pada sudut 90 derajat untuk potongan yang lebih lembut. Dia juga menyebutkan bahwa rambut anak laki-laki biasanya lebih panjang di bagian depan daripada di bagian belakang, jadi ingatlah itu saat Anda memotongnya. "Lebih lama selalu lebih baik saat melakukannya di rumah," kata Nelson Vercher, penata gaya senior di Rita Hazan. (M-1)

Baca Juga

Charly TRIBALLEAU / AFP

Taiko, Tradisi Gendang Jepang yang masih Bergema di Era Kiwari

👤Adiyanto 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:32 WIB
Kunci dari evolusi itu adalah seorag drummer jazz Daihachi Oguchi, yang memindahkan festival taiko ke panggung pertunjukan pada 1950-an dan...
CNN/Southeby

Lukisan Berobjek Kekasih Picasso Laku Dilelang Rp990 Miliar

👤Devi Harahap 🕔Kamis 19 Mei 2022, 22:05 WIB
Lukisan itu menggambarkan Marie - Therese Walter sebagai makhluk...
Gucci

Gucci dan Adidas Bikin Payung Mewah Tidak Tahan Hujan

👤Putri Rosmalia 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:07 WIB
Produk kolaborasi itu menuai banyak kritikan karena dianggap tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya