Rabu 19 Januari 2022, 23:55 WIB

Ini Lo Kiat Keramas Sesuai Jenis Rambut

Nike Amelia Sari | Weekend
Ini Lo Kiat Keramas Sesuai Jenis Rambut

123RF
Kenali jenis rambut untuk mengetahui jenis sampo dam frekuensi keramas yang sesuai.

 

 

Jenis rambut yang dimiliki seseorang akan memengaruhi seberapa sering dia harus keramas, baik rambut tebal, tipis, berminyak, kering atau yang lainnya. Itu sama seperti menggunakan sampo yang berbeda untuk jenis rambut dan kulit kepala yang berbeda.

"Mencuci rambut bukanlah satu standar untuk semua. Rambut kita tidak dibuat sama dan membutuhkan perawatan khusus. Menemukan apa yang paling cocok untuk Anda dalam hal sampo yang tepat dan frekuensi keramas dapat membutuhkan percobaan, kesalahan, dan melakukan beberapa riset," jelas Erinn Courtney, penata rambut dan ahli rambut alami di Los Angeles.

Dia mengatakan jika mencuci rambut penting untuk pertumbuhan rambut yang mengurangi penumpukan produk dan dermatitis pada rambut, yang dapat berdampak negatif pada kulit kepala Anda. Shannon King, seniman yang bermitra dengan KMS Hair, menambahkan bahwa tidak membersihkan rambut dapat menyebabkan masalah dengan kekeringan, kusut dan akhirnya rambut rontok.

Tetapi apakah perlu mencuci rambut setiap hari? "Mencuci rambut setiap hari dapat menyebabkan kekeringan dan kerusakan, tetapi umumnya tidak akan menyebabkan kerontokan rambut yang berlebihan," kata Angela Styles, penata rambut di West Hollywood, CA. 

Sementara beberapa jenis rambut harus menghindari keramas setiap hari karena alasan itu, mereka yang memiliki rambut super berminyak dapat mengambil manfaat dari keramas setiap hari karena jumlah minyak yang dihasilkannya, kata Courtney.
Umumnya, jika rambut Anda tidak berminyak atau kering, Anda harus membersihkannya setiap dua hingga tiga hari, saran King. 

"Tetapi jika Anda terlalu sering mencuci rambut untuk jenis rambut Anda, itu bisa sangat mengeringkan rambut, tergantung pada bahan dalam sampo. Sedangkan jika Anda menunggu terlalu lama di antara keramas maka bisa berakhir dengan kulit kepala yang sangat tersumbat, yang berarti rambut tidak akan dapat tumbuh keluar dari folikel dengan cara dan kecepatan yang seharusnya," kata King.
 
Berikut waktu yang direkomendasikan untuk rutinitas mencuci rambut pada setiap jenis rambut, seperti dikutip dari goodhousekeeping.com.

1. Rambut berminyak
King mengatakan bahwa rambut berminyak bisa dilakukan dengan mencuci rambut setiap hari untuk mencegah penumpukan, kecuali jika Anda memiliki rambut yang sangat panjang atau sangat kasar atau keriting.

2. Rambut kering atau rusak
Meskipun memperhatikan pada tingkat kerusakan dan kekeringan, King biasanya merekomendasikan keramas setiap lima hingga tujuh hari, karena Anda mungkin perlu membiarkan beberapa minyak alami (rambut dan kulit kepala). Courtney menambahkan bahwa rambut kering dan rusak, bisa jadi Anda terlalu sering keramas. 

3. Rambut bergelombang atau keriting
Keramas setiap empat hingga lima hari, saran King. "Itu akan tergantung pada kepadatan rambut, tapi ini perkiraan yang bagus untuk jenis rambut ini," katanya. Jika itu tampak seperti terlalu lama, perpendek satu atau dua hari dan lihat bagaimana reaksi rambut dan kulit kepala Anda.

4. Rambut keriting
Baik Courtney dan King menyarankan untuk mencuci rambut sekali seminggu untuk pertumbuhan rambut yang optimal. King mengingatkan untuk jangan lupa diikuti dengan conditioner. 

5. Rambut halus atau tipis 
"Rambut halus perlu keramas setiap hari untuk memberikan kelembapan yang dibutuhkannya untuk tumbuh dan berkembang," kata Courtney. Pembersihan juga membantu menghilangkan penumpukan dan minyak pada rambut halus atau tipis.

6. Rambut tebal
"Tekstur yang lebih tebal cenderung menahan kelembapan, jadi mencuci seminggu sekali sudah cukup," saran Courtney.

Kondisi Cuaca

Musim berubah, begitu juga rejimen rambut. Cuaca yang lebih dingin biasanya menyebabkan kulit kepala menjadi lebih kering dan terkadang menghasilkan lebih banyak ketombe. Courtney menyarankan untuk keramas lebih sering, seperti setiap hari di cuaca dingin, dapat membantu mereka yang mengalami lebih banyak rambut kering dan ketombe. 

Selama cuaca panas, orang cenderung lebih jarang keramas, terutama yang memiliki tekstur rambut keriting atau ikal. "Ini memberikan waktu bagi orang-orang dengan kulit kepala yang lebih kering untuk menghasilkan kelembapan alami dan membiarkannya didistribusikan melalui helai rambut sebelum hari keramas," pungkas Courtney. (Good housekeeping.com/M-2) 

Baca Juga

dok: Visicita Network

Dokumenter Start from Scratch Jadi Pembuka Festival Flavs 2022

👤Fathurrozak 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 15:51 WIB
Flavs Festival 2022 tahun ini akan berlangsung pada 10-11 September secara...
Dok. Instagram @infotitimangsa

Kembali Dipentaskan, Monolog Inggit Garnasih Lebih Segar dengan Konsep Musikal

👤Devi Harahap 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 15:15 WIB
Telah dipentaskan 13 kali, monolog Inggit Garnasih tertunda dua tahun ini akibat...
Dok. ZYNGA

Tiktok Uji Coba Fitur Bermain Gim

👤M-2 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 07:20 WIB
TIKTOK tengah menguji coba fitur terbaru mereka terkait dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya