Senin 17 Januari 2022, 23:55 WIB

Pakai Bahan Alami Ini untuk Mengusir Semut

Nike Amelia Sari | Weekend
Pakai Bahan Alami Ini untuk Mengusir Semut

123RF/patrycjast
Semut mengerubungi donat.

 

Beberapa sudut rumah bisa saja menjadi sarang semut. Bahkan saat makanan tumpah dan berserakan di lantai juga dapat mendatangkan semut. Tentu saja ini sangat mengganggu kenyamanan.

Mengusir semut dapat ampuh dilakukan dengan cairan kimia serangga. Namun, beberapa cairan kimia tentunya memiliki efek samping yang kurang nyaman seperti mual atau pusing. Beberapa bahan alami berikut dapat membantu mengusir semut yang berada di dalam rumah, seperti dikutip dari hunker.com, situs inspirasi ruangan.

1. Minyak esensial
Cobalah minyak esensial, semut membenci aroma tertentu, terutama yang kuat seperti peppermint dan kayu manis. Buat semprotan semut yang mudah dengan mencampur 20 tetes minyak esensial seperti peppermint dengan satu cangkir air dalam botol semprot. Semprotkan langsung pada semut dan sekitar titik masuk. 

Anda juga bisa menyelupkan kapas ke dalam minyak esensial seperti daun kayu manis dan kapas tersebut dioles ke sekitar pintu masuk dan ambang jendela. Minyak esensial lainnya yang bisa digunakan ialah tea tree oil, lemon eucalyptus, lavender, dan minyak jeruk seperti lemon atau jeruk manis.

2. Cuka
Gunakan cuka putih untuk membasmi semut dan hama lainnya. Campurkan pembersih semprot serba guna dengan cuka putih yang dapat membasmi dan mengusir semut pada saat yang bersamaan. Campurkan 1/2 cangkir cuka putih dengan 1/2 cangkir air dalam botol semprot, dan mulailah menyemprot. Anda juga dapat menambahkan minyak esensial. Gunakan untuk membersihkan lantai, konter, meja, dan di mana pun Anda melihat semut.

3. Ampas kopi
Ampas kopi sebagai obat semut alami yang merupakan cara mudah dan murah untuk mengusir semut karena semut tidak menyukai baunya yang menyengat. Solusi ini agak berantakan untuk digunakan di dalam ruangan, tetapi sangat bagus untuk di luar. Anda dapat meletakkannya di taman atau di sekitar bagian luar pintu masuk.

4. Boraks
Boraks juga dapat digunakan untuk membasmi semut. Boraks membunuh semut ketika mereka memakannya jadi gabungkan dengan gula untuk menarik semut. Campurkan 1/4 cangkir boraks dengan 3/4 cangkir gula dalam mangkuk, dan tambahkan air secukupnya untuk membuat pasta. Sebarkan pada potongan karton kecil dan letakkan di tempat semut mungkin masuk. Ganti setiap beberapa hari.

Ini juga dapat dilakukan dengan asam borat, tetapi pastikan untuk menggunakan sarung tangan. Baik boraks dan asam borat harus dihindari jika Anda memiliki anak atau hewan peliharaan.

5. Lemon
Semut membenci semua hal yang berbau jeruk. Campurkan jus lemon dan air dalam jumlah yang sama dalam botol semprot, lalu semprotkan langsung ke semut dan di sekitar jendela dan pintu masuk.

Tempatkan kulit lemon (atau buah jeruk lainnya) di lemari atau di sekitar pintu masuk. Anda juga dapat membeli pembersih beraroma jeruk atau menambahkan minyak esensial jeruk ke dalam semprotan pembersih buatan sendiri. (hunker.com/M-2) 

Baca Juga

123rf

Setop Minum Paracetamol Saat Hamil

👤Thalatie K Yani 🕔Kamis 19 Mei 2022, 15:40 WIB
Penelitian terbaru menemukan paracetamol yang dikonsumsi saat hamil bisa menyebabkan anak...
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/tom

Desa Tinalah Yogyakarta Jadi Jawara di Creative Tourism Destination Award 2022

👤Fathurrozak 🕔Kamis 19 Mei 2022, 15:05 WIB
Desa Wisata Tinalah di Yogyakarta memboyong tiga penghargaan di Creative Tourism Destination Award...
AFP

Indikator Iklim Kritis Memecahkan Rekor pada 2021

👤Adiyanto 🕔Kamis 19 Mei 2022, 10:42 WIB
Kekeringan dan banjir memicu kenaikan harga pangan yang diperparah pada tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya