Selasa 21 Desember 2021, 10:36 WIB

Studi: Sentuhan Alam Signifikan Tekan Stres Warga Perkotaan

Putri Rosmalia | Weekend
Studi: Sentuhan Alam Signifikan Tekan Stres Warga Perkotaan

MI/BRIYANBODO HENDRO
Area persawahan warga di Desa Sakerta Timur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Sabtu (18/12/2021).

 

WARGA perkotaan kerap kali dilanda tingkat stres yang tinggi akibat padatnya rutinitas dan lingkungan yang monoton. Tak jarang mereka juga dilanda kesepian akut yang dapat mengarah menjadi depresi.

Sebagai solusi, sentuhan atau aktivitas di alam terbuka merupakan salah satu pilihan terbaik. Hal itu terbukti dari studi yang dilakukan oleh tim dari King’s College London, baru-baru ini.

Salah satu dari tim penelitian, Profesor Andrea Mechelli, mengatakan kesepian merupakan salah satu masalah mental. Kesepian berpotensi menyebankan kematian hingga 45% dari total penderitanya.

Ia mengatakan dari studi yang mereka lakukan, hubungan dengan alam dapat secara signifikan menekan rasa kesepian. Ketika seseorang dapat secara rutin melihat langit dan burung, rasa kesepian menurun hingga 28%. Angkanya kembali bertambah 18% lebih tinggi ketika mereka rutin melakukan kegiatan di area hijau terbuka.

"Ada berbagai hal yang bisa menekan rasa kesepian. Kontak yang rutin dengan alam menjadi salah satunya yang terbaik selain kehidupan sosial yang inklusif," ujar Mechelli. seperti dilansir The Guardian, Selasa (21/12).

Mechelli mengatakan, mengingat dampaknya, usaha serius harus dilakukan untuk membuat warga perkotaan tak terpuruk dalam kesepian. Rasa kesepian yang tak segera diuapayakan agar membaik juga akan berdampak buruk para produktivitas setiap orang yang akan memengaruhi kinerja sebuah lembaga atau negara tempat mereka berada. (M-4)

 

Baca Juga

Dok. Pop Art Jakarta 2022

Yuk, Nikmati Karya Kreator Lokal di Pop Art Jakarta

👤Fathurrozak 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 21:06 WIB
Berlangsung mulai 13 Agustus, pameran yang menghadirkan antara lain Bumilangit dan Mice Cartoon ini dapat disimak secara...
unsplash.com/Sébastien Goldberg

Gelombang Panas dan Kekeringan Ekstrem Membuat Produksi Garam di Prancis Meningkat

👤Devi Harahap 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 20:00 WIB
Suhu naik dalam beberapa bulan terakhir dan hampir tidak ada curah hujan. Keadaan tersebut menyebabkan tingginya penguapan air laut di...
Dok Vision+

Serial Drama Kehidupan Tradisional di Era Modern Royal Blood Bakal Dirilis

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 10:20 WIB
Vision+ bekerja sama dengan Kantara Creative dan disutradarai oleh Eko Kristianto, Royal Blood akan dirilis secara resmi pada 17 Agustus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya