Selasa 28 September 2021, 06:30 WIB

Tarzan dan Indro Warkop Raih 'Live Time Achievement Award'

Galih Agus Saputra | Weekend
Tarzan dan Indro Warkop Raih

MI/ATET DWI PRAMADIA
Tarzan (kiri) dari grup lawak Srimulat

 

Persatuan Seniman Komedi Indonesia (Paski) menggelar ajang penghargaan bagi para seniman komedi di Indonesia untuk pertama kalinya. Ajang tersebut bernama Anugerah Komedi Indonesia (Anukom) 2021 dan disiarkan secara daring melalui kanal Youtube Paski, Senin (27/9)

Paski memberikan penghargaan atas 11 kategori dalam Anukom 2021, salah satunya adalah penghargaan 'Pengabdian Seumur Hidup Terpilih yang diberikan Tarzan dari grup Srimulat dan Indro dari Warkop DKI. Di ajang itu, kedua pelawak senior itu juga ikut membacakan penerima penghargaan 'Legenda Komedian Indonesia Terpilih'. Penghargaan tersebut diberikan kepada mendiang Ahmad Syech Albar atau yang selama ini dikenal sebagai Bing Slamet.

Paski juga memberikan penghargaan untuk Denny Wahyudi alias Denny Cagur sebagai sebagai 'Komedian Pengumpan Terpilih'.

"Saya persembahkan piala ini untuk para senior, pengumpan-pengumpan hebat... Pokoknya untuk seluruh pengumpan, saya persembahkan ini kecuali Pak Jarwo. Karena Pak Jarwo adalah pengumpan yang sudah berkhianat menjadi Joker. Dulu kerjaannya mancing, sekarang mintanya dipancing melulu," ujar Denny.

Adapun penghargaan 'Penulis Naskah Komedi Terpilih' diberikan kepada Gunardi Salam (Rudi Sipit). Sementara Pandji Pragiwaksono kali ini mendapat penghargaan sebagai 'Komika Terpilih'. Pandji mengaku tersanjung sekaligus canggung menerima penghargaan di atas panggung. Pasalnya, ia tidak pernah berharap apa-apa dari melawak, selain untuk membuat orang-orang tertawa.

"Waktu saya kecil, waktu saya remaja, saya tumbuh besar sebagai anak yang sedih karena kondisi keluarga saya. Yang membuat saya bahagia dan yang membuat saya lupa kondisi yang ada di rumah, adalah persis orang-orang yang ada di hadapan saya ini. Sekali lagi, terima kasih," kata Pandji.

Anukom 2021 menjadi sejarah tersendiri karena pada kesempatan kali ini Pengurus Paski mengusulkan hari kelahiran Bing Slamet yakni 27 September sebagai Hari Komedi Nasional (Harkomnas). Berkas usulan penetapan hari tersebut secara simbolis diserahkan Komedian, Jarwo Kuwat kepada Perwakilan Kemendikbud, Yudi Wahyudin.

Pasangan Haji Malih dan Haji Bolot mendapat penghargaan 'Komedian Tradisional Terpilih'. Adapun Rina Nose dan Komeng mendapat penghargaan sebagai 'Komedian Wanita Terpilih' dan 'Komedian Pria Terpilih' Anukom 2021.

"Terima kasih untuk Paski. Dan buat saya terima beres," celetuk pelawak yang mulai dikenal sebagai pembawa acara 'Spontan' pada awal 2000-an tersebut.

Anukom 2021 turut memberikan penghargaan bagi TVRI sebagai 'Stasiun Televisi Terpilih'. Selain itu, 10 orang yang diantaranya ada Agum Gumelar, Eko Hendro Purnomo, Tjhin Tje Ming, hingga Bong Djun Fui juga mendapat penghargaan sebagai 'Tokoh Peduli Komedian Terpilih'. (M-4)

Baca Juga

unsplash.com/NASA

Ilmuwan yakin Air dari Hasil Letusan Gunung di Bulan dapat Dikonsumsi

👤Devi Harahap 🕔Selasa 24 Mei 2022, 07:00 WIB
Letusan tersebut menghasilkan dampak jangka panjang pada kondisi Bulan. Salah satunya adalah permukaan es yang berasal dari uap air akibat...
AFP

Asteroid Ukuran Besar akan Melintas dekat Bumi pada 27 Mei

👤Devi Harahap 🕔Selasa 24 Mei 2022, 06:37 WIB
Para ilmuwan memprediksi asteroid itu bergerak dengan kecepatan sekitar 47.200 mph (76.000 km/jam) atau 20 kali lebih cepat dari...
Unsplash

Peningkatan Suhu Bumi Lebih Ganggu Tidur Perempuan dan Lansia

👤Putri Rosmalia 🕔Senin 23 Mei 2022, 15:35 WIB
Secara umum perempuan memiliki massa lemak yang lebih tinggi dari lelaki, sehingga membuat proses pendinginan lebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya