Jumat 30 Juli 2021, 20:57 WIB

Enam Fakta dari Singel Terbaru Iwan Fals

Nike Amelia Sari | Weekend
Enam Fakta dari Singel Terbaru Iwan Fals

Dok. Musica
Kover singel baru Iwan Fals feat. Sandrayati

Musikus senior Iwan Fals meluncurkan singel bertajuk 16/01, kolaborasi bersama dengan Sandrayati Fay, hari ini, 30 Juli 2021. 

Singel cukup panjang, berdurasi 7 menit 40 detik, ini telah dapat didengar di semua platform streaming musik digital. Adapun video musik single ini akan dirilis pada 1 Agustus 2021 pukul 16:01 WIB di kanal YouTube Musica Studio's.

Berikut fakta-fakta singel hasil kolaborasi Iwan dan Sandra.

1. Menggambarkan Kondisi

Lirik lagu di bawah naungan label Musica Studio's ini menggambarkan bagaimana keadaan Indonesia saat ini termasuk pandemi covid-19.

2. Irama Musik Ajak Bergoyang

Musik hasil kolaborasi tersebut tak hanya menggambarkan situasi saat ini melainkan juga irama musik dalam lagu ini sesuai untuk bergoyang.

3. Penulisan lirik 'mengalir'

Dalam acara bertajuk "Afternoon Talks 16/01 with Iwan Fals dan Sandrayati Fay" yang digelar oleh Musica Videos secara virtual, Jumat (30/7), Iwan Fals mengatakan bahwa lirik yang dia ciptakan, ditulis secara 'mengalir' sehingga dia tidak berpatok kepada durasi lagu. "Ya gatau ya, saya ngalir saja soal itu," ujarnya. 

Sedangkan judul lagu 16/01 diambil dari tanggal penulisan lagu tersebut. Lagu ini dibuat pada 16 November 2020 dan dilanjutkan pada 1 Juni 2021.

4. Ajak Sandrayati Fay Kolaborasi

Sandrajati Fay ialah seorang penyanyi indie yang dibesarkan di Indonesia. Selain berkolaborasi dengan Iwan, Sandra juga pernah berkolaborasi dengan beberapa musisi Indonesia seperti Rara Sekar, Danilla Riyadi, dan Nosstress.

Iwan mengakui jika dia pertama kali mengenal Sandra pada 2016. "Saya kenal Sandra sejak tahun 2016," katanya.

Sementara itu, Sandra juga mengungkapkan bagaimana perasaannya saat ditawari oleh Iwan untuk berkolaborasi, dia mengatakan jika dia takut tetapi juga senang akan tawaran kolaborasi tersebut.

5. Syuting terpisah

Proses syuting yang dilakukan antara Iwan dan Sandra dilakukan terpisah di rumah masing-masing. Sebab, pada saat proses syuting, Sandra berada di Islandia. 

6. Singel Untuk Album Terbaru

"Singel 16/01 ini dijadikan singelnya. 16/01 ini adalah karya yang kita butuhkan saat ini, kita butuh lagu 16/01 ini yang membuat kita sadar dan tetap waras dan ini menjadi inspirasi kita untuk tetap bertahan di kondisi saat ini," kata Indrawati Widjaja, Excecutive Producer Musica Studio's.

Dia juga mengabarkan pada September mendatang akan mempersembahkan album terbaru musisi Iwan Fals yang juga akan melibatkan musisi-musisi seperti Nadin Amizah, Danilla Riyadi, Rara Sekar dan beberapa musisi lainnnya. (M-2) 

Baca Juga

MI/Furqon Ulya Himawan

Edukasi Gaya Hidup Sehat

👤MI 🕔Minggu 26 September 2021, 06:45 WIB
DENGAN keberhasilan angka penurunan kasus covid-19 di Tanah Air dan kondisi global, sejak awal...
MI/Furqon Ulya Himawan

Sebarkan Narasi yang Merekatkan Bangsa

👤Furqon Ulya Himawan 🕔Minggu 26 September 2021, 06:30 WIB
MINGGU lalu sebuah video yang menunjukkan sejumlah santri menutup kuping saat mendengar musik,...
MI

Sudoku edisi 26 September 2021

👤MI 🕔Minggu 26 September 2021, 06:20 WIB
SUDOKU atau di kenal juga dengan tebak angka (number...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya