Selasa 22 Juni 2021, 11:46 WIB

Ribuan Tikus Serbu Penjara, Ratusan Napi di Australia Diungsikan

Adiyanto | Weekend
Ribuan Tikus Serbu Penjara, Ratusan Napi di Australia Diungsikan

Saeed KHAN / AFP
Satu dari ribuan tikus yang merusak pertanian dan penjara di Australia timur

 

Wabah hama tikus yang melanda lahan pertanian di Australia, memaksa ratusan narapidana dievakuasi dari penjara di wilayah tersebut. Ribuan tikus itu masuk dan menggerogoti infrastruktur penting dalam lapas tersebut.

Tikus-tikus itu menggerogoti panel langit-langit dan kabel di penjara New South Wales, sehingga mendorong pihak berwenang untuk mengurangi aktivitas pengawasan, untuk memperbaiki bagian bangunan yang rusak.

"Kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan staf dan narapidana adalah prioritas nomor satu kami, jadi penting bagi kami untuk bertindak sekarang untuk melaksanakan pekerjaan remediasi yang vital," kata Peter Severin od Corrective Services NSW.

Sebanyak 420 narapidana dan 200 staf dari Pusat Pemasyarakatan Wellington akan dipindahkan ke fasilitas lain pada akhir bulan.

"Kami ingin merombak tempat ini dan itu harus dilakukan dengan benar, Kami akan mencari cara untuk mengurangi dampak wabah serupa di masa depan," kata Asisten Komisaris Lembaga Pemasyarakatan Kevin Corcoran.

Hama tikus telah menghancurkan hasil panen petani dan menyengsarakan penduduk setempat di Australia timur selama berbulan-bulan.

Wabah ini adalah yang terbaru dalam serangkaian bencana yang menyerang petani, seperti kebakaran hutan dan lahan serta kekeringan. (AFP/M-4)

Baca Juga

ANT/Indrianto Eko Suwarso (STR)

Lupa Lirik, Ahmad Dhani Tetap Sihir Penonton BNI Java Jazz Festival 2022

👤Fathurrozak 🕔Minggu 29 Mei 2022, 14:31 WIB
Ahmad Dhani menjadi penampil penutup di gelaran hari kedua BNI Java Jazz Festival 2022. Meski sempat lupa lirik, ia tetap mendapat sambutan...
MI

Sudoku edisi 29 Mei 2022

👤MI 🕔Minggu 29 Mei 2022, 06:10 WIB
SUDOKU atau dikenal juga dengan tebak angka (number...
MI/Tiyok

Jon Bodo: Kantong Kering

👤M. Tiyok 🕔Minggu 29 Mei 2022, 05:50 WIB
KALO habis mudik, kok penyakitku pasti kambuh ya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya