Rabu 26 Mei 2021, 07:05 WIB

Bukan Sekadar Sehat, 5 Makanan Ini Juga Ramah Lingkungan

Putri Rosmalia | Weekend
Bukan Sekadar Sehat, 5 Makanan Ini Juga Ramah Lingkungan

ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Sejumlah petani memanen kentang di perladangan kawasan dataran tinggi Dieng, Desa Kepakisan, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

 

Gaya hidup sehat semakin diminati banyak orang, termasuk di Indonesia. Namun, untuk memaksimalkan perubahan gaya hidup yang lebih positif, memilih bahan makanan yang lebih ramah lingkungan bisa menjadi pilihan.

Seperti dilansir dari www.onegreenplanet.org, berikut ini lima bahan makanan yang tak hanya sehat, tetapi juga ramah lingkungan.

1.Kacang Polong

Kacang polong memiliki sifat alamiah mengikat nitrogen ke dalam tanah tempat mereka tumbuh. Sifat itu akan menghilangkan kebutuhan tanah akan tambahan nutrisi dari pupuk untuk menjaga kesuburannya. Selain itu, setelah kacang polong dipanen, tanah akan menjadi lebih kaya nutrisi dan siap kembali menjaid tempat bercocok tanam.

Tanaman kacang polong juga tidak membutuhkan banyak air untuk menjaga kesuburannya. Cukup tanam di tempat yang sejuk dan kesuburan tanaman kacang polong akan terjaga dengan baik.

2.Tomat

Tomat yang ditanam secara organik hanya meninggalkan jejak karbon yang minim. Selain itu, tanaman ini juga memiliki sistem akar yang cukup dalam. Hal itu membuat tomat secara alami akan bisa menjaga kelembapan dengan baik dan tidak memerlukan banyak tambahan asupan air. Sangat membantu bagi lingkungan yang sedang kekeringan dan kesulitan air bersih.

3.Brokoli

Proses penanaman brokoli sangat mudah dan tidak membutuhkan usaha berlebihan seperti menggunakan pupuk sintetis. Hal itu membuat brokoli dapat menjadi opsi yang baik bila ingin mengonsumsi pangan sehat yang tidak berdampak buruk bagi lingkungan.

4.Kentang

Tanaman kentang dapat menghasilkan pestisida alami dan sifat antijamur. Karena itu menanam kentang sangat mudah dilakukan secara organik dan tidak membutuhkan pupuk sintetis.  Kentang juga tidak membutuhkan banyak air selama prosesnya bertumbuh. Selain itu, kentang juga merupakan salah satu pangan alami yang dapat bertahan tanpa pengawet atau pendingin dalam waktu panjang.

5.Kacang merah

Kacang merah merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik yang ada di bumi. Proses penanaman kacang merah juga sangat rendah emisi dan jejak karbon. Memilih kacang merah sebagai alternatif pengganti daging merah dapat menjadi opsi terbaik untuk menjaga kesehatan dan lingkungan di waktu bersamaan. (M-4)

 

Baca Juga

Dok. In2motionfest

Lebih dari Seribu Koleksi Busana akan Tampil di Ajang In2motionfest

👤Nike Amelia Sari 🕔Jumat 30 September 2022, 13:35 WIB
In2motionfest akan dilaksanakan pada tanggal 5 – 9 Oktober 2022 secara hybrid (daring dan luring) yang digelar di Assembly Hall,...
 NASA / AFP)

Teleskop Webb Tampilkan Gambar Asteroid Usai Ditabrak Pesawat NASA

👤Adiyanto 🕔Jumat 30 September 2022, 13:30 WIB
Pantauan teleskop James Webb terhadap serangan terhadap asteroid itu menunjukkan dampak 'jauh lebih besar dari yang...
Dok. Naura Mutia Fahresi

Menikmati Keelokan Bukit Idaman

👤Naura Mutia Fahresi - SMA Muhammadiyah Gisting 🕔Jumat 30 September 2022, 13:00 WIB
BEBERAPA tahun belakangan ini, popularitas wisata alam sempat memudar lantaran adanya pandemi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya