Rabu 19 Mei 2021, 08:20 WIB

Sundance Film Festival Asia Gelar Kompetisi Film Pendek

Fathurozak | Weekend
Sundance Film Festival Asia Gelar Kompetisi Film Pendek

Dok. IDN Media
Poster Sundance Film Festival 2021

Sundance Film Festival Asia yang diprakarsai XRM Media dan IDN Media pada September mendatang mengumumkan kompetisi film pendek yang pendaftarannya dibuka pada 17 Mei hingga 9 Juli.
 
Beberapa persyaratannya, terbuka untuk Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 tahun ke atas, baik yang tinggal di dalam maupun luar negeri. Tidak ada batasan genre atau tema film yang bisa diikutsertakan, dengan ketentuan proses pengerjaan film harus selesai pada atau setelah 1 Januari 2019 dan durasi film antara 3 hingga 20 menit.
 
Film pendek yang terkumpul melalui kompetisi ini akan dikurasi dewan juri perwakilan dari Sundance Institute, IDN Pictures, platform streaming Argo, dan sutradara alumni Sundance Film Festival. Mereka adalah Kim Yutani (Director of Programming Sundance Film Festival), Heidi Zwicker, (Senior Programmer Sundance Film Festival) Mike Plante (Senior Short Film Programmer Sundance Film Festival), Susanti Dewi (Head of IDN Pictures), Joko Anwar (sutradara, alumni Sundance Film Festival), dan Amanda Salazar (Head of Programming and Acquisitions Argo).
 
Pemenang Juri Award berhak menerima hadiah uang tunai sebesar US$2 ribu (Rp28,6 juta) yang disponsori oleh Argo. Sementara film pendek yang memenangkan kompetisi ini akan diputar di Sundance Film Festival: Asia 2021 pada September. Selain itu, karya pemenang juga akan berkesempatan dinominasikan untuk ditayangkan di Sundance Film Festival 2022 serta mendapatkan penawaran distribusi secara global melalui platform Argo.
 
“Di Sundance Film Festival, kami berkomitmen untuk terus mencari talenta dan karya baru, serta memberi panggung bagi mereka seperti melalui Short Film Competition sebagai bagian dari Sundance Film Festival: Asia 2021. Kami sangat antusias untuk menemukan karya baru dan memperkenalkannya pada audiens yang tentu juga tak kalah antusias,” kata Mike Plante melalui siaran pers yang diterima Media Indonesia, Senin, (17/5).
 
“Film pendek akan selalu menjadi salah satu bagian penting dari dunia film dan storytelling. Karya-karya film pendek memiliki tempat tersendiri di hati banyak penggemar film, terutama di Sundance Film Festival: Asia. Dalam Short Film Competition ini, kami sangat menantikan kreativitas para sineas Indonesia melalui karya-karyanya. Kami sangat berharap Sundance Film Festival: Asia dapat menjadi wadah bagi berkembangnya industri film di Indonesia,” tambah CEO IDN Media Winston Utomo. (M-4)

Baca Juga

CCTV / AFP

Xi Jinping Sebut Misi Luar Angkasa Sebagai Cakrawala Baru Kemanusiaan

👤Adiyanto 🕔Rabu 23 Juni 2021, 12:52 WIB
Misi  ini sangat prestisius di saat Beijing bersiap menandai peringatan 100 tahun Partai Komunis pada 1 Juli...
dok Bakuucakar

The Bakuucakar Teruskan Semangat Bermusik Glenn Fredly

👤Fathurozak 🕔Rabu 23 Juni 2021, 12:25 WIB
Setahun pasca kepergian sang pemimpin, The Bakuucakar merilis single mereka untuk pertama kali tanpa Bung...
 Sea Dog TV International Pty Ltd

From Sky to Sea, Kisah Perjuangan Seorang Disabilitas Quadriplegia

👤Fathurozak 🕔Rabu 23 Juni 2021, 12:14 WIB
Film From Sky to Sea tayang di Festival Sinema Australia (FSAI) pada Minggu, 27...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kereta Api Makassar-Parepare Membangun Ekonomi dan Peradaban

Belanda pernah membuat jalur kereta api Makassar-Takalar, namun sejak Jepang berkuasa jalur itu dibongkar. Dan baru era sekarang, Sulawesi Selatan kembali memiliki jalur  kereta api

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya