Rabu 07 April 2021, 10:09 WIB

Bedah Buku 'Bakti Untuk Negeri': Menjangkau Pelosok Indonesia

Bagus Pradana | Weekend
Bedah Buku

MI / ADAM DWI
CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib menyerahkan Buku Ekspedisi Bakti untuk Negeri kepada Dirut BAKTI Kementerian Kominfo Anang Latief

Media Group bekerja sama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia meluncurkan empat buah buku yang berisi rekaman fotografi dokumenter dari rangkaian ekspedisi gabungan, bertajuk 'Bakti Untuk Negeri'.

Program ekspedisi ini bertujuan untuk meninjau secara langsung keberadaan akses internet dan dampaknya bagi warga masyarakat di daerah-daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terbelakang) Indonesia. Selain itu, ekspedisi yang melibatkan sejumlah awak media, khususnya para fotografer dari Media Group ini juga ditujukan untuk mengeksplor kekayaan alam sekaligus budaya di berbagai pelosok Indonesia.

Selama kurun 2020, Media Group membersamai BAKTI Kominfo telah melaksanakan empat periode ekspedisi yaitu 'Ekspedisi Kalimantan', 'Ekspedisi Sulawesi', 'Ekspedisi Nusa Tenggara', 'Ekspedisi Sabang, Rote, Miangas, dan Merauke'. Setiap perjalanan ekspedisi dilakukan selama kurang lebih jangka waktu lebih 1 bulan oleh tim yang langsung dikomandoi oleh Anang Achmad Latif selaku, Direktur Utama BAKTI Kominfo.

"Selama empat tahun kami sudah mengelola berbagai proyek luar biasa lah yang belum pernah dilakukan Kominfo sebelumnya.., lalu saya berpikir 'kita nggak punya story untuk melibatkan masyarakat secara emosional', banyak informasi yang tidak sampai secara utuh kepada masyarakat karena sliweran informasi di dunia internet ini luar biasa. Saya 'blank' kalau soal media, ya kita serahkan kepada ahlinya," papar Anang Achmad Latif dalam pembukaan acara peluncuran buku fotografi dokumenter 'Bakti Untuk Negeri' di Lobby Grand Media Group, Selasa (6/4) sore.

Buku fotografi dokumenter 'Bakti Untuk Negeri' ini berisi rekaman fotografi yang berhasil dijepret oleh para awak media yang terlibat dalam rangkaian ekspedisi yang diselenggarakan oleh BAKTI Kominfo. Buku ini juga mampu memberi gambaran tentang pencapaian-pencapaian dari BAKTI Kominfo yang selama kurun waktu empat tahunan ini telah mengupayakan keterjangkauan akses internet hingga di kawasan plosok Indonesia.

Turut memberi sambutan dalam peluncuran buku tersebut Mohammad Mirdal Akib, CEO Media Group yang menyatakan kesiapan Media Group untuk selalu mendukung kerja-kerja pembangunan dari pemerintah.

"Ternyata apa yang sudah dilakukan oleh BAKTI Kominfo sejauh ini luar biasa besar, bahkan akses internet sudah masuk ke pelosok-pelosok tapi cerita ini kemudian tidak tersampaikan, yang selalu diangkat adalah berita bahwa tidak ada internet di sana-sini, lalu kita memutuskan untuk melakukan ekspedisi ke seluruh wilayah 3T," ujar Mirdal

Mirdal juga menjelaskan tiga tujuan utama dari ekspedisi ini, pertama adalah untuk mensosialisasikan tentang progres pembangunan infrastruktur di kawasan 3T, kemudian yang kedua adalah untuk mengekspos secara masif keindahan Indonesia, dan terakhir untuk mencontohkan bagaimana melakukan wisata dan perjalanan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (M-4)

Baca Juga

247newsaroundtheworld.com

Netflix Memproduksi The 39 Steps Dibintangi Benedict Cumberbatch

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 02:30 WIB
Netflix segera memproduksi serial terbatas "The 39 Steps" yang didasarkan pada novel karya John Buchan tahin 1915 dan dibintangi...
Netflix

Ma Rainey's Black Bottom Pimpin Sementara Perolehan BAFTA

👤Fathurrozak 🕔Minggu 11 April 2021, 09:08 WIB
Mank, The Sound of Metal, dan Tenet juga telah mengantongi piala...
 Khaled DESOUKI / AFP

Tim Arkeolog Temukan Kota Kuno Terbesar Peninggalan Firaun

👤adiyanto 🕔Minggu 11 April 2021, 08:00 WIB
Kota ini konon berasal dari zaman keemasan firaun 3.000 tahun yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya