Rabu 17 Februari 2021, 11:50 WIB

Istri Kim Jong-un Kembali Muncul di Hadapan Publik

Adiyanto | Weekend
Istri Kim Jong-un Kembali Muncul di Hadapan Publik

STR / various sources / AFP
Kim Jong-un dan istrinya, Ri Sol Ju menonton konser untuk memperingati ulang tahun ayah dan pendahulunya Kim Jong Il, Rabu (17/2).

 

SETELAH lebih dari setahun tak terlihat, istri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un muncul pertama kalinya di hadapan publik. Kevakuman perempuan itu dari kegiatan kenegaraan, memunculkan spekulasi dia takut terjangkit virus korona atau karena kemungkinan sedang hamil.

Media pemerintah melaporkan, Rabu (17/2), Ri Sol Ju, yang diyakini berusia awal 30-an, terlihat mendampingi suaminya di sebuah konser untuk memperingati ulang tahun ayah dan pendahulunya Kim Jong Il.

Peringatan merayakan anggota kedua Dinasti Kim yang memimpin Korea Utara itu disebuat sebagai Hari Bintang Cemerlang, dan merupakan salah satu hari libur umum terpenting di negara itu.

Surat kabar resmi Korea Utara Rodong Sinmun menerbitkan foto pasangan itu tersenyum lebar dan bertepuk tangan kepada para pemain di Teater Seni Mansudae di Pyongyang.

"Saat Sekretaris Jenderal datang ke auditorium teater bersama dengan istrinya Ri Sol Ju di tengah musik penyambutan, semua hadirin bersorak," Kata kantor berita resmi KCNA. Dalam foto itu, tidak satu pun penonton atau artis mengenakan masker.

Ri terakhir terlihat pada Januari 2020 di sebuah acara liburan Tahun Baru Imlek. Ketidakhadirannya yang berkepanjangan memicu pertanyaan tentang kesehatannya, apakah dia mungkin mengasingkan diri untuk menghindari risiko infeksi virus korona, atau hamil. Pasangan itu diyakini memiliki tiga anak.

Korut telah mengisolasi sendiri sejak menutup perbatasannya pada Januari tahun lalu, untuk mencoba melindungi diri dari pandemi yang telah melanda dunia sejak pertama kali muncul di negara tetangga Tiongkok.

Kim berulang kali menegaskan negaranya tidak memiliki kasus virus korona, meskipun para ahli dari luar meragukan pernyataan tersebut.

Laporan dan foto hari Rabu muncul sehari setelah Badan Intelijen Nasional Korea Selatan mengatakan kepada anggota parlemen bahwa Ri menahan diri dari kegiatan publik karena khawatir pandemi virus korona.

Dia biasanya mendampingi suaminya dalam berbagai kegiatan, termasuk pertemuan dengan para pemimpin asing, seperti saat bertemu Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Xi Jinping dari Tiongkok.

"Karena pandemi, tidak ada pemimpin asing yang melakukan kunjungan ke Korea Utara tahun lalu, dan Kim juga tidak dapat melakukan perjalanan yang membutuhkan kehadiran istrinya," kata Yang Moo-jin, seorang profesor di Universitas Studi Korea Utara di Seoul. (AFP/M-4)

 

 

Baca Juga

Instagram @jokowi

Presiden Ingatkan Penyanyi Cilik Farel Prayoga untuk Tidak Lupa Belajar

👤Devi Harahap 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 14:40 WIB
Penampilan Farel Prayoga di Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi, 17 Agustus 2022, di Istana Merdeka membuat para tamu ikut...
dok: Setkab

Baju Adat Dolomani hingga Kebaya Karya Didiet Maulana di Istana Negara

👤Putri Rosmalia 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:50 WIB
Tak hanya pakaian adat yang telah terkenal seperti kebaya, dari tahun ke tahun pakaian adat yang dihadirkan semakin...
MI/Devi Harahap

Yuk, Intip Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan RI di Sarinah

👤Devi Harahap 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:25 WIB
Pameran yang diadakan Kemenseneg ini memajang sebanyak tujuh unit mobil kepresidenan yang pernah menjadi kendaraan dinas dan digunakan oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya