Kamis 04 Februari 2021, 18:45 WIB

Ini Resep Rahasia BTS dalam Menciptakan Lagu

Adiyanto | Weekend
Ini Resep Rahasia BTS dalam Menciptakan Lagu

AFP
Grafik perjalanan karier boy band BTS

 

BOY band Korea paling populer saat ini, BTS selalu menuangkan emosi dan perasaan mereka dalam menciptakan musik, buat menyembuhkan diri mereka sendiri dan mungkin juga dunia.

Pada single solonga "Abyss" yang dirilis untuk ulang tahunnya tahun lalu, anggota tertua band itu, Jin (Kim Seokjin) mengungkapkan perasaannya tentang kecemasan dan keputusasaan. “Apakah benar bagiku untuk menjadi pusat dari semua pujian dan penghargaan ini ketika ada begitu banyak orang yang lebih menyukai musik dan lebih baik daripada aku?,” ujarnya.

Lirik lagu ini mengungkapkan pergulatan batinnya akibat dampak covid-19 karena ia merasa sebagian hidupnya telah hilang.

Dalam lagu  'Abyss' ini, Jim seperti ingin berbagi tentang dampak pandemi ini, terutama pada kesehatan mental. Lagu ini mendorong orang untuk membayangkan dunia yang lebih cerah melalui ekspresi kreatif, dan demi pemulihan, tidak hanya bagi penciptanya tetapi juga pendengar.

Dalam lagu "Blue & Grey" dari album BE milik BTS yang dirilis November tahun lalu, pendengar juga dapat melihat bahwa mereka menggunakan gambar warna-warni untuk mengekspresikan emosi mereka pada kesehatan mental.

Seperti dikutip situs Koreaboo.com, Kamis (4/2), seorang psikiater bernama Dr. Oh Jin Seung, mengungkapkan bahwa dari semua mekanisme mengatasi stres, BTS tampaknya menggunakan sublimasi sebagai cara untuk menyalurkan kesulitan mereka ke dalam seni. (AFP/M-4)

Baca Juga

Instagram @jokowi

Presiden Ingatkan Penyanyi Cilik Farel Prayoga untuk Tidak Lupa Belajar

👤Devi Harahap 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 14:40 WIB
Penampilan Farel Prayoga di Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi, 17 Agustus 2022, di Istana Merdeka membuat para tamu ikut...
dok: Setkab

Baju Adat Dolomani hingga Kebaya Karya Didiet Maulana di Istana Negara

👤Putri Rosmalia 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:50 WIB
Tak hanya pakaian adat yang telah terkenal seperti kebaya, dari tahun ke tahun pakaian adat yang dihadirkan semakin...
MI/Devi Harahap

Yuk, Intip Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan RI di Sarinah

👤Devi Harahap 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:25 WIB
Pameran yang diadakan Kemenseneg ini memajang sebanyak tujuh unit mobil kepresidenan yang pernah menjadi kendaraan dinas dan digunakan oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya