Senin 18 Januari 2021, 18:45 WIB

Monyet Makaka di Bali Suka Ponsel dan Dompet

Putri Rosmalia | Weekend
Monyet Makaka di Bali Suka Ponsel dan Dompet

Unsplash/ Vedant Choudhary
(Ilustrasi) Penelitian tim dari universitas di Kanada menunjukkan money makaka di Bali sengaja sasar dompet dan ponsel ketimbang aksesoris.

SEBUAH studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Lethbridge, Kanada menunjukkan fakta menarik soal makaka atau monyet berekor panjang yang banyak ditemui di Uluwatu, Bali. Penelitian itu menunjukkan bahwa makaka di Bali cenderung paham cara mendapatkan keuntungan dari pengunjung. 

Mereka akan mengambil beberapa barang yang berharga bagi pengunjung seperti ponsel atau dompet dibandingkan barang lain seperti plastik kosong dan aksesoris. Kemampuan itu diduga didapat oleh para makaka berdasarkan pengalaman panjang berhubungan dengan manusia yang berkunjung.

Peneliti studi tersebut, Jean-Baptiste Leca, mengatakan bahwa para makaka memiliki insting untuk menebak barang apa yang paling prnting bagi setiap pengunjung yang datang. Setelah mendapatkannya, mereka akan membuat pemilik mengikuti dan menukarnya dengan makanan.

Mereka seakan memahami bahwa hanya dengan mencuri barang yang bernilai bagi pemiliknya mereka akan mendapatkan banyak makanan. "Para makaka menjadi semakin ahli untuk menilai mana yang perlu mereka ambil dan tidak. Mereka umumnya mengincar pengunjung yang mengabaikan anjuran petugas untuk menjaga barang berharga mereka di dalam tas," ujarnya, seperti dilansir theguardian.com, (16/1).
 
Leca menjelaskan, penelitian itu dilakukan dengan melakukan perekaman aktivitas makaka di Uluwatu, Bali. Perekaman dilakukan selama 273 hari. (M-1)
 

Baca Juga

eminenceorganics.com

Tips Menetralkan Kulit dari Kosmetik Abal-Abal

👤Retno Hemawati 🕔Senin 08 Maret 2021, 17:27 WIB
Semakin lama dipakai produk bermerkuri akan semakin menumpuk di jaringan kulit dan perlu waktu lama hingga tahunan untuk...
Tangkapan layar YouTube

Sejarah Musik Ska Indonesia bakal Dibukukan

👤Fathurrozak 🕔Senin 08 Maret 2021, 16:42 WIB
Menulis buku sejarah ska di Indonesia menjadi salah satu rencana Indonesia Ska Connection...
Joe Pugliese/ Harpo Productions/ AFP

Meghan Markle Mengaku Nyaris Bunuh Diri Saat Hamil Archie

👤Putri Rosmalia 🕔Senin 08 Maret 2021, 13:00 WIB
Ia kini mengandung anak berjenis kelamin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya