Jumat 08 Januari 2021, 20:47 WIB

Fotografer ini Berhasil Abadikan Tarian Kosmik Bulan

Bagus Pradana | Weekend
Fotografer ini Berhasil Abadikan Tarian Kosmik Bulan

Mariana SUAREZ / AFP
Penampakan bulan purnama di Montevideo, Uruguay pada malam tahun baru

Fotografer Andrew McCarthy menghabiskan 22 hari mengambil ribuan foto Bulan, mulai dari kemunculannya, mencapai orbit penuhnya, hingga ketika benda langit itu memudar dan menghilang.

Usaha ini ia lakukan untuk menunjukkan pergerakan tepat Bulan saat berada di langit selama satu periode lunar (satu bulan dalam kalender lunar).

Saat mengompresi ribuan foto Bulan yang ia dapatkan menjadi video berdurasi 40 detik, Andrew mengaku terkejut mendapati objek yang difotonya itu justru bergoyang.

Goyangan ini ternyata merupakan fenomena kosmik yang disebut 'libration', yang diakibatkan oleh perubahan sudut (orbit edar) saat Bulan berevolusi mengitari Bumi.

"Bulan itu sendiri sebenarnya tidak bergoyang, ia hanya mengorbit. Namun, sisi yang kita lihat sedikit bergeser karena orbitnya yang bersudut elips, sehingga Anda seakan melihatnya bergoyang," papar Andrew seperti dilansir dailymail.co.uk, Jumat (8/1).

Klip video 40 detik itu pun ia unggah di akun instagram pribadinya beserta sebuah narasi yang menceritakan pengalamannya saat merekam secara tidak sengaja fenomena unik pada Bulan, yang kemudian ia sebut 'Tarian kosmik'.

"Selama sebulan terakhir, saya mengerjakan proyek terbesar saya sejauh ini, yaitu sebuah upaya untuk benar-benar memamerkan bentuk bulat bulan," tulisnya.

"Setiap malam, saya memotret Bulan dan menghasilkan gambar beresolusi tinggi. Saya berhasil menangkap 'libration' yang merupakan goyangan bulan kita," imbuhnya.

Baca Juga

ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Selain Sehat, 10 Jenis Buah dan Sayuran ini dapat Atasi Dehidrasi

👤Nike Amelia Sari 🕔Kamis 24 Juni 2021, 20:00 WIB
Semangka j uga kaya akan likopen yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan akibat paparan  sinar matahari dan memperbaiki sel...
UniPin x Esmod

Inspirasi Mobile Legends dan PUBGM Lahirkan Kolaborasi Fesyen Esmod dan UniPin

👤Irana 🕔Kamis 24 Juni 2021, 19:54 WIB
Karakter-karakter game kini berkembang pesat dan menghadirkan beragam gaya yang unik dan...
Note Thanun/ Unsplash

Pendidikan Seksualitas Disarankan Dimulai di Usia 3 Tahun

👤Nike Amelia Sari 🕔Kamis 24 Juni 2021, 19:00 WIB
Pendidikan seksual juga penting agar anak bisa melindungi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Diplomasi Jalur Rempah di Kancah Dunia

Perjalanan sejarah Indonesia terasa hambar tanpa aroma rempah. Warisan sosial, ekonomi, serta budaya dan ilmu pengetahuan itu kini dikemas dan disodorkan kepada dunia untuk diabadikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya