Kamis 12 Januari 2023, 17:10 WIB

4 Tips Trading Kripto Agar Tetap Cuan

Mediaindonesia.com | Teknologi
4 Tips Trading Kripto Agar Tetap Cuan

AFP/Armend Nimani
Logo Bitcoin, salah satu mata uang kripto

 

MENDAPATKAN keuntungan dalam dunia cryptocurrency ada dua cara yaitu, menjadi investor atau menjadi trader. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga harus memperhatikan faktor risiko kerugian.

Bagi yang ingin mendapatkan cuan lebih cepat, maka sebaiknya ikut trading kripto, sehingga akan mendapatkan keuntungan dari selisih pergerakan harga kripto yang terus bergerak fluktuasi. 

Namun sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya mengetahui apa itu trading kripto? Kamu tentunya pernah mendengar istilah trading saham dan jual beli saham. Nah, trading kripto hampir sama dengan perdagangan saham. Hanya saja perbedaannya ada pada transaksinya yaitu berupa cryptocurrency.

Beberapa contoh cryptocurrency antara lain bitcoin, ethereum, dodge, dll yang nilainya bisa berkisar dari puluhan hingga ratusan juta rupiah. Orang yang melakukan aktivitas perdagangan atau jual beli aset kripto disebut trader. 

Perlu diketahui, kripto memiliki volatilitas yang tinggi dan pasar buka 7×24 jam. Berbeda dengan bursa saham yang hanya buka pada jam kerja dan tutup pada hari libur dan hari libur nasional. Ini menunjukkan bahwa nilai aset kripto akan terus berubah terlepas dari cuaca. 

Waktu yang tepat untuk trading kripto 

Jadi kapan waktu yang tepat untuk berdagang kripto? Pada dasarnya, di pasar kripto, tidak ada aturan waktu perdagangan khusus, karena dapat berdagang setiap jam, namun kemampuan berdagang akan lebih baik jika melakukan trading setelah jam pasar dunia yang tinggi.

Selain itu, volume perdagangan seringkali mudah, yang dapat memperkuat nilai tukar dan kemampuan menemukan harga yang tepat untuk bisnis. 

Salah satu cara untuk menemukan waktu yang tepat untuk trading kripto, terutama untuk pedagang harian, adalah dengan berpartisipasi dalam sesi perdagangan di pusat-pusat keuangan, misalnya di Eropa (London), New York, Tokyo, dan Australia (Sydney).

Tips Trading Kripto Untuk pemula 

1. Mulailah berdagang kripto dengan sesuatu yang bisa hilang

Tips trading kripto pertama adalah memulai dengan sejumlah kecil uang. Lakukan secara bertahap untuk menghindari kerugian. Taruhan saja apa yang kamu miliki sebanyak mungkin. Jika kamu memiliki $5.000 dalam tabungan pribadi, tidak bijaksana menghabiskan semuanya dengan harapan menjadi kaya. 

Untuk benar-benar menggunakan trading cryptocurrency sebagai sumber penghasilan, seseorang tidak boleh mengandalkan kesempatan atau keberuntungan dalam hal ini. Ada berbagai situs web dan alat lain yang dibuat untuk para pedagang untuk mempelajari cara mendapat untung dari perdagangan kripto. 

2. Fokus pada Bitcoin 

Melakukan trading cryptocurrency yang konstan dari satu aset ke aset lainnya dapat merugikan. Namun, banyak pedoman merekomendasikan agar investor berdagang dengan lebih dari satu aset. Pasalnya, jika kehilangan seluruh aset sekaligus atau mengalami kerugian, tetapi bisa mendapatkannya kembali dari keuntungan yang lain.

Namun, penting untuk mempelajari kekuatan properti dan menjadikannya sebagai modal. Bitcoin menawarkan banyak peluang bagi para pedagang untuk menghasilkan keuntungan besar. Dalam jangka panjang dan pendek, perdagangan Bitcoin menguntungkan bagi pedagang yang terampil. 

3. Jangan Serakah 

Aspek lain dari saran trading crypto adalah menghindari keserakahan. Terkadang, kondisi pasar menguntungkan bagi kamu, yang memungkinkan memenangkan banyak perdagangan. Namun, jangan berpikir ini saatnya untuk menghasilkan banyak uang dan menggunakan semua modal untuk bisnis mata uang kripto berikutnya. 

Pasar cryptocurrency adalah pasar paling dinamis di dunia yang berubah setiap detik. Saat mengalami kekalahan beruntun yang panjang, berhentilah dan cari tahu apa yang menyebabkan kerugian tersebut. Selanjutnya, pertimbangkan untuk menginvestasikan kembali dana perdagangan untuk menghindari meledaknya seluruh portofolio dalam sekejap.

4. Pilih platform yang tepat

Salah satu platform yang direkomendasikan saat ini adalah menggunakan aplikasi Pintu dalam trading kripto. Pintu adalah platform digital untuk membeli dan menjual cryptocurrency. Pintu mengadopsi konsep kemudahan, di mana pengguna dapat berdagang bitcoin dengan mudah, aman, dan tidak perlu repot.

Tak hanya itu, Pintu menawarkan opsi untuk melakukan perdagangan spot dengan fitur jual beli di harga akhir. Sebelum membeli bitcoin, pastikan kamu mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • #Masuk ke akun di aplikasi Pintu. Jika belum memiliki akun Pintu, daftarkan (register) akun baru di aplikasi Pintu.
  • #Deposit di pintu. Deposit adalah jumlah uang yang harus disimpan di Pintu untuk memperdagangkan (jual/beli) kripto. Di Pintu, Anda dapat berinvestasi dengan cara: 
  • #Setoran melalui transfer bank 
  • #Deposit melalui e-wallet seperti GOPAY, OVO, LinkAja, DANA dan ShopeePay 
  • #Mengirim crypto melalui bursa lain. 

Dalam trading cryptocurrency, ada tiga hal utama yang harus kamu perhatikan, yaitu: membeli (buying), menjual (selling) untuk mendapatkan keuntungan (taking profit) dan menarik (withdrawal). 
Ikuti langkah-langkah dibawah ini: 

Beli Bitcoin (Beli)

  1. Buka aplikasi Pintu, dan pilih aset kripto. Kamu dapat memilih aset kripto dari kartu dompet atau dari daftar aset kripto di halaman depan. Untuk contoh ini, mari pilih Bitcoin.
  2. Sebelum membeli, jangan lupa cek harganya. Kamu  dapat memeriksa harga Bitcoin terbaru di halaman beranda Pintu. Kamu juga dapat melihat grafik harga Bitcoin dengan mengeklik aset kripto apa pun di halaman depan.
  3. Nah, sekarang kamu bisa melihat rencana jual beli Bitcoin. Untuk membeli (beli), klik tombol beli.
  4. Masukkan jumlah Bitcoin yang ingin kamu beli. Klik tombol lagi. Kamu bisa memasukkan jumlah Bitcoin yang ingin dibeli dalam Rupiah, atau kamu juga bisa membelinya dalam Bitcoin dengan mengklik dua panah. 
  5. Konfirmasikan pembelian bitcoin kamu. Harga akhir, tidak ada biaya tambahan. Klik untuk membeli sekarang. Kamu telah berhasil membeli bitcoin.

Cara Jual Bitcoin 

  1. Sebaliknya, jika kamu ingin menjual Bitcoin, dapatkan tombol jual di kartu dompet kamu atau ikon Bitcoin di beranda.
  2. Masukkan jumlah Bitcoin yang ingin kamu jual. Kamu dapat memasukkan jumlah Bitcoin yang ingin di jual dalam Rupiah, atau juga dapat menjualnya dalam Bitcoin dengan mengklik dua panah. Klik tombol lagi. menjual bitcoin di depan pintu 
  3. Konfirmasi penjualan
  4. Kamu berhasil menjual Bitcoin, Saldo rupiah akan ditambahkan ke dompet Rupiah kamu di Pintu. berhasil menjual bitcoin 

Penarikan saldo rupiah di Pintu bank (penarikan) 

Untuk menarik uang kamu dari aplikasi Pintu, kamu dapat memilih opsi penarikan. 

Di Pintu, kamu bisa mulai berdagang bitcoin mulai dari Rp11.000. Murah kan! Untuk kamu yang ingin mulai berinvestasi kripto secara mudah, download Pintu: Jual/Beli Aset Digital oleh PT.Pintu Kemana Saja di App Store atau Play Store kamu sekarang! (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok. Mekari/HO Shuterstock

Ini 5 Tren Digitalisasi HR Dukung Pertumbuhan Bisnis di 2023

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 13:33 WIB
dengan mendigitalisasi proses dan sistem HR, perusahaan bisa merekrut, membina, dan mempertahankan karyawan dengan lebih tepat dan...
Ist

Shure Tawarkan Solusi AV Conferencing dengan Stem Ecosystem

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Januari 2023, 23:07 WIB
Sepertiga rapat perusahaan memiliki masalah teknis dan para pengguna sering menghadapi kesulitan saat bekerja dengan teknologi...
Ist

Shure Tawarkan Solusi AV Conferencing dengan Stem Ecosystem

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Januari 2023, 23:06 WIB
Sepertiga rapat perusahaan memiliki masalah teknis dan para pengguna sering menghadapi kesulitan saat bekerja dengan teknologi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya