Kamis 27 Oktober 2022, 15:40 WIB

Ini Cara Manfaatkan SEO dan Google Ads Untuk Tingkatkan Skala Bisnis di Ranah Digital

Mediaindonesia.com | Teknologi
Ini Cara Manfaatkan SEO dan Google Ads Untuk Tingkatkan Skala Bisnis di Ranah Digital

Freepik.com
Ilustrasi Google Ads

 

PEMANFAATAN search engine optimization (SEO) di ranah digital memudahkan pemilik situs, terutama pelaku usaha yang melakukan transformasi digital untuk menjangkau pasar dengan lebih luas.

Direktur Eksekutif ICT Watch Indiriyanto Banyumurti menjelaskan, SEO adalah suatu metode yang digunakan agar website dapat muncul di mesin pencarian secara organik. Agar dapat mengoptimalkan SEO dengan baik terdapat 4 tips yang dapat dilakukan. 

Pertama, buat kata kunci yang relevan dengan bisnis atau usaha Anda. Kedua, buat kata kunci yang spesifik. Ketiga, gunakan kampanye yang terstruktur. Terakhir, gunakan google keyword planner untuk membantu Anda," kata Indiriyanto dalam webinar bertajuk Konsep Bisnis Digital : Pemasaran Berbasis Google Ads yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.

Relawan MAFINDO Jakarta Sukma Nurjagat memperkaya pembahasan mengenai konsep pemasaran berbasis google ads ditinjau dari perspektif etis digital. 

Menurutnya, ada 3 etika dasar dalam melakukan pemasaran berbasis google ads. Pertama, hindari membuat berita atau informasi hoax. Kedua, jangan membuat konten yang melanggar UU ITE. 

"Ketiga, tidak boleh melakukan plagiasi," ujar Sukma Nurjagat.

Baca juga : 5 Cara Mudah Menghapus Halaman Kosong di Word

Julita Hazelina dari Komite Edukasi Mafindo menyebutkan, ada 3 tips aman dan nyaman melakukan pemasaran berbasis google ads. Pertama, patikan selalu membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh google untuk kegiatan beriklan. 

"Kedua, selalu gunakan password yang kuat dan aktifkan 2FA. Terakhir, selalu tambahkan web security tambahan pada perangkat Anda," jelas Julita. 

Webinar itu merupakan bagian dari program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi Kemenkominfo pada 2021 untuk meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia.

Berdasarkan survei Nasional Kemenenkominfo dan Katadata pada 2021, tingkat literasi digital masyarakat Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 5 atau masih kategori sedang belum mencapai kategori baik.

Program Cakap Digital yang fokus pada 4 pilar digital, yaitu Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital pun diluncurkan dan menargetkan peringkat literasi divital Indonesia meningkat.  

"Pada tahun 2022 akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat. Kinerja literasi digital pun mulai menunjukkan peningkatan dari segi kualitas. Peluang kecakapan digital tersebut perlu dimanfaatkan secara optimal, mengingat kita memiliki potensi sumber daya manusia yang besar”, ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate. (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok ist

Fight for Access Accelerator Berdayakan Startup Bidang Kesehatan Karya Perempuan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 21:16 WIB
Program Fight for Access Accelerator di Indonesia difokuskan untuk mencari para pembuat startup karya perempuan khusus untuk layanan dan...
Dok. IndoTelko

Hadapi Resesi Global 2023, Industri Telekomunikasi Perlu Kolaborasi dalam Ekosistem Digital

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 20:07 WIB
Krisis ekonomi global diprediksi masih akan ada pada 2023, Meski demikian, industri  telekomunikasi di Indonesia dinilai masih bisa...
DOK Pribadi.

PHK Ancam Start-up, IndoSterling Technomedia Tetap Optimistis 

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 18:44 WIB
Ia mengaku salah satu kekuatan yang membuat TECH tetap berjalan karena produk bussiness to bussiness (B2B) menjadi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya