Rabu 11 Mei 2022, 21:29 WIB

2021, Biaya Global akibat Kejahatan Dunia Maya US$6 Triliun

Mediaindonesia.com | Teknologi
2021, Biaya Global akibat Kejahatan Dunia Maya US$6 Triliun

DOK MI.
Ilustrasi.

 

BIAYA global akibat kejahatan dunia maya mencapai US$6 triliun pada tahun lalu. Ini terjadi ketika pandemi virus korona menyebabkan aktivitas online melonjak. 

"Ancaman keamanan siber baru selama dua tahun terakhir telah menimbulkan kerusakan sebagai dampak dari pandemi covid-19 dan percepatan digitalisasi yang ditimbulkannya," kata Alessandro Profumo, kepala raksasa pertahanan, keamanan, dan kedirgantaraan Italia, Leonardo, Selasa (10/5), pada pembukaan konferensi Cybertech Europe 2022 di Roma.

"Serangan dunia maya telah meningkat dalam jumlah, kecanggihan, dan dampak. Pada 2021 biaya global akibat kejahatan dunia maya melebihi US$6 triliun."

Leonardo mengatakan angka tersebut berasal dari Clusit, asosiasi Italia untuk keamanan informasi, yang mengutip laporan dari kelompok Cybersecurity Ventures AS. Clusit memperkirakan kerugian US$1 triliun pada 2020.

Baca juga: Amerika Serikat Bergabung dengan 55 Negara Promosikan Internet Gratis

Seperlima dari total serangan diarahkan ke Eropa, kata Profumo, tetapi benua itu kekurangan setidaknya 200.000 profesional keamanan siber. Berbicara kepada wartawan asing di Roma bulan lalu, dia mengatakan masalah keamanan siber telah meningkat setelah invasi Rusia ke Ukraina.

"Kami memperhatikan ada tekanan tambahan," kata bos Leonardo itu yang memiliki cabang khusus yang didedikasikan untuk keamanan siber. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Ist

Aplikasi Investasi Bibit.id Raih Pendanaan Baru

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 19:15 WIB
Bibit, salah satu aplikasi investasi digital terdepan di Indonesia, mengumumkan telah meraih pendanaan sebesar lebih dari USD 80...
Ist

Speaker JBL EON700 Terbaru Dukung Kebutuhan Musisi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 19:02 WIB
Seri EON700 Portable PA Loudspeaker dan Subwoofer dengan Bluetooth ini merupakan evolusi terbaru dari seri EON yang...
Dok Samsung

Kecanggihan Nightography Galaxy S22 Ultra 5G Akan Segera Dibuktikan di Film Pendek

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 15:53 WIB
Galaxy Movie Studio 2022 akan membuktikan Nightography Galaxy S22 Ultra 5G dengan memungkinkan komunitas film membuat film pendek sekelas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya