Selasa 10 Mei 2022, 13:01 WIB

BintanGO Luncurkan Platform untuk Kreator di Indonesia

mediaindonesia.com | Teknologi
BintanGO Luncurkan Platform untuk Kreator di Indonesia

Ist
Co-Founder dan CEO BintanGO, Jason, dan Co-Founder dan SVP Commercial BintanGO, Oktorika Mandasari.

 

PERUSAHAAN teknologi yang menawarkan all-in-one CreatorSpace, BintanGO, mengumumkan putaran pendanaan awal senilai US$2,1 juta untuk membantu para pembuat konten menjalankan bisnis mereka.

Putaran ini dipimpin Investible dan eWTP Tech Innovation Fund dengan partisipasi dari Farquhar, Plug and Play, Aksara, Redbadge Pacific, Moonshot Ventures, Mulia Sky Capital dan United Creative.

Angel investor terkenal lainnya dalam putaran ini termasuk eksekutif dan former eksekutif dari YouTube, Facebook, dan Google.

Kali ini, BintanGO mendapatkan pendanaan baru yang mengikuti putaran pendanaan awal perusahaan senilai US$500.000 yang didapatkan pada bulan Juni 2021 lalu dari Flash Ventures.

Sejak diluncurkan pada September 2021, BintanGO turut mengikuti pertumbuhan viral dan hadir sebagai pemimpin industri dalam ekonomi kreator Indonesia yang sedang berkembang.

Platform ini menyerupai platform SaaS yang menyediakan alat produktivitas dan monetisasi serta solusi keuangan bagi pembuat konten untuk membantu mereka mengelola dan mengembangkan bisnisnya.

BintanGO didirikan oleh dua entrepreneur berpengalaman di Asia Tenggara terdiri dari Jason Lee, pendiri coworking space terbesar di Indonesia, CoHive; dan Oktorika Mandasari, veteran pemasaran dengan pengalaman dalam dunia talent management.

“Hadirnya Kreator menjadi bagian baru dari UMKM di Indonesia. Saat ini para Kreator di Indonesia dapat mengelola berbagai sumber pendapatan mereka, namun di sisi lain mereka dihadapkan pada tantangan untuk pembuatan invoice serta pembayaran dari klien," jelas Jason, Co-Founder dan CEO BintanGO dalam keterangan, Selasa (10/5).

Baca juga: Facebook Bakal Hentikan Fitur Pelacakan Lokasi

"Di Indonesia, para Kreator dikategorikan sebagai pekerja informal sehingga mereka tidak memiliki keistimewaan seperti pekerja formal dalam hal pembiayaan dan kredit dengan lembaga perbankan," katanya.

"Melihat hal tersebut, kami menyadari peran kami untuk dapat membantu mereka mengelola keuangan dengan menggabungkan tools dan solusi ke dalam satu platform terpadu,” tutur Jason.

Sebagai validasi dari peluang yang belum dimanfaatkan dalam new creator economy, DataReportal mengungkapkan bahwa ada 191,4 juta pengguna media sosial di Indonesia pada Januari 2022 atau naik 12,6% antara 2021 dan 2022.

Besarnya konsumsi digital Indonesia menjadi ladang subur bagi siapa saja untuk menjadi Kreator dan menarik banyak pengikut.

Tingginya tingkat popularitas influencer, baik mikro maupun makro, berdampak pada terbukanya peluang pendapatan bagi mereka, seperti meningkatnya fan engagement, kerja sama dengan brand serta kolaborasi, hingga pembuatan IP dan memulai bisnis mereka sendiri.

Influencer Marketing Hub (2022) memperkirakan total valuasi ekonomi kreator di Indonesia akan mencapai US$104 miliar atau setara dengan Rp1,493 triliun pada tahun 2022.

Sejalan dengan fakta tersebut, BintanGO secara organik telah merekrut lebih dari 10.000 Kreator dan para Kreator telah menghasilkan lebih dari US$150.000 dalam waktu tiga bulan terakhir.

BintanGO bermula dengan menawarkan sebuah solusi bagi para penggemar untuk dapat terhubung dengan idolanya melalui fitur video shoutout dan video calls.

Tren ini berkembang viral secara organik dari para penggemar yang membagikan video mereka serta para selebriti yang turut mempromosikan layanan tersebut di media sosial, hingga menyebabkan minat yang kuat dari para nano dan mikro content creator yang ingin bergabung dengan BintanGO.

Oktorika Mandasari selaku Co-Founder dan SVP Commercial BintanGO yang akrab disapa Rika, telah berkecimpung di industri kreator (saat itu kreator dikenal sebagai “Selebgram”) selama 10 tahun terakhir.

“Setelah menyaksikan secara langsung bagaimana industri berkembang, saya melihat ada kesenjangan besar antara apa yang dibutuhkan pembuat konten untuk mampu berkembang dengan apa yang tersedia di industri untuk membantu mereka meraih hal tersebut," ujarnya.

"Sebagai pengusaha wanita yang mewakili industri ini, saya melihat peluang bagi kami dengan memanfaatkan teknologi dan ekosistem startup yang dinamis di Indonesia guna membuat perbedaan bagi Kreator kami,” jelas Rika.

“Di sisi lain, kami juga secara aktif melakukan pendekatan dengan berbagai penyedia layanan fintech, platform pemasaran influencer, serta beragam industri vertikal lainnya untuk melihat peluang sejauh mana mereka dapat mendapatkan nilai lebih, dan di saat yang sama, memberikan manfaat dari proses integrasi bersama kami agar dapat menghadirkan pengalaman yang menarik dan tanpa kendala bagi para Kreator dalam mengelola bisnis mereka,” antusias Rika.

Menanggapi pernyataan Rika, Khairu Rejal selaku Principal Investible, grup investor yang berbasis di Australia dan Asia Tenggara, mengungkapkan antusiasmenya dalam memimpin putaran pendanaan awal pada BintanGO.

“Para tim pendiri BintanGO menciptakan kombinasi unik antara kemampuan dan semangat untuk membantu para Kreator di Asia Tenggara dengan produk yang revolusioner. Kami bersemangat dalam memberikan dukungan agar dapat mendorong mereka melangkah ke fase berikutnya,” terang Rejal.

Investible telah mendukung lebih dari 100 perusahaan di sembila nnegara dan 20 sektor, termasuk brand pembuat konten papan atas seperti alat desain dan publikasi Canva, serta startups berbasis di Indonesia, yaitu Eden Farm dan MyRobin. (RO/OL-09)

Baca Juga

Dok. Kemenkominfo

Atasi Kesenjangan Digital, Menkominfo Dorong Lanjutkan Pembahasan Konektivitas Digital

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 23:04 WIB
Menkominfo menekankan arti penting mengatasi kesenjangan digital dengan membangun konektivitas digital atau infrastruktur...
Ist

Beri Nilai Tambah Bagi Pelanggan, Aplikasi KlikDokter Gandeng Marketplace

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 19:00 WIB
Salah satu bentuk kerja samanya adalah layanan konsultasi klikdokter yang bisa dilakukan di aplikasi...
dok.ist

Layanan Instan Kurir Gosend, Kini Hadir di Aplikasi KiriminAja

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 18:00 WIB
SAAT ini layanan instant kurir hadir untuk mempermudah bisnis online untuk semakin memperluas jaringannya. Gosend mulai dapat diakses di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya