Selasa 26 April 2022, 22:46 WIB

Internet Beri Kemudahan, Tapi Perlu Literasi Untuk Tangkal Dampak Negatif

Mediaindonesia.com | Teknologi
Internet Beri Kemudahan, Tapi Perlu Literasi Untuk Tangkal Dampak Negatif

Dok. Pribadi
Webinar Hidup Lebih Indah dengan Internet

 

PERKEMBANGAN teknologi digital telah mengantarkan banyak orang dalam kemudahan melakukan kegiatan pada kehidupan sehari-hari. Internet yang merupakan wujud dari perkembangan teknologi juga turut banyak memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia.

"Tentunya kita semua sadar dengan internet atau dunia digital hari ini, banyak hal yang bisa dibantu dalam kehidupan sehari-hari. Semua aktifitas yang dulu selalu dilakukan dengan fisik, bisa dimediasi oleh dunia digital yang semuanya bisa dijangkau,' ujar Rizki Sadig, anggota Komisi I DPR dalam webinar bertajuk Hidup Lebih Mudah dengan Internet, Selasa (26/4).

Rizki menegaskan, kemampuan digital perlu dimiliki  untuk memaksimalkan pengguaan internet. 

"Saya ingatkan, jangan pernah bosan untuk mengupgrade kemampuan kita dalam dunia digital, meskipun kita sudah tertinggal. Teruslah mencoba dan meningkatkan kemampuan kita untuk menguasai dunia digital, sehingga kita tidak menjadi generasi gaptek yang tidak mengetahui perkembangan digital," katanya. 

Di sisi lain, internet juga punya dampak negatif.  Karena itu, Rizki mengimbau untuk menggunakan internet dengan bijak. 

Baca juga : SEO Bantu Pelaku Bisnis Terus Berkembang di Era Ekonomi DIgital

"Imbauan dari saya adalah gunakanlah internet atau kemampuan digital kita untuk sesuatu yang baik bagi diri sendiri, keluarga, maupun orang lain, dan jadikan jadikanlah internet untuk menyampaikan hal-hal yang baik," tegasnya. 

Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Tangerang, Ilham Ramdana menjelaskan beberapa fungsi internet adalah sebagai hiburan, media edukasi, sumber informasi, sarana mencari referensi, media untuk meningkatkan skill dan media dalam mendukung kegiatan ekonomi. 

"Sebagai contoh dalam mendukung kegiatan ekonomi, internet membawa pengaruh pada seorang gadis bernama Sabrina Dwi Istiqomah yang dikenal sebagai gadis cendol, yang dalam waktu singkat menjadi seorang jutawan dan terkenal akibat Internet atau media sosial," ujar pria yang juga penyiar radio tersebut. 

Sabrina Dwi Istiqomah merupakan sosok remaja inspiratif yang dapat menjadi contoh dalam memanfaatkan internet atau media sosial. Remaja yang masih bersekolah ini menggunakan internet sebagai media untuk meningkatkan penjualannya, dan berkat internet inilah sosoknya menjadi terkenal dan usahanya semakin lancar. (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok. Kemenkominfo

Atasi Kesenjangan Digital, Menkominfo Dorong Lanjutkan Pembahasan Konektivitas Digital

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 23:04 WIB
Menkominfo menekankan arti penting mengatasi kesenjangan digital dengan membangun konektivitas digital atau infrastruktur...
Ist

Beri Nilai Tambah Bagi Pelanggan, Aplikasi KlikDokter Gandeng Marketplace

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 19:00 WIB
Salah satu bentuk kerja samanya adalah layanan konsultasi klikdokter yang bisa dilakukan di aplikasi...
dok.ist

Layanan Instan Kurir Gosend, Kini Hadir di Aplikasi KiriminAja

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 18:00 WIB
SAAT ini layanan instant kurir hadir untuk mempermudah bisnis online untuk semakin memperluas jaringannya. Gosend mulai dapat diakses di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya