Kamis 09 Desember 2021, 12:21 WIB

Tren di Google Indonesia Tahun Ini, Dari BTS Meal Hingga PeduliLindungi

Basuki Eka Purnama | Teknologi
Tren di Google Indonesia Tahun Ini, Dari BTS Meal Hingga PeduliLindungi

AFP/Lillian SUWANRUMPHA
Seorang pengemudi Grab membawa BTS Meal yang dipesan di McDonalds.

 

GOOGLE Indonesia, Rabu (8/12), mengumumkan Year in Search 2021, yang menampilkan kompilasi tren penelusuran yang dilakukan masyarakat Indonesia sepanjang 2021, mulai dari topik BTS Meal, Piala Eropa, hingga PeduliLindungi.

"Year in Search atau trending search adalah topik peningkatan paling tinggi dalam periode berkelanjutan sepanjang tahun dibandingkan tahun sebelumnya. Jadi, ini bukan hanya satu spike (lalu) kami ambil, tapi ini harus trending sepanjang tahun," kata Communication Manager Consumer Products Google Indonesia Feliciana Wienathan saat konferensi virtual, Rabu (8/12).

Pada tahun ini, Google membagi 9 kategori untuk merangkum tren penelusuran, mencakup daftar utama tren penelusuran secara keseluruhan (overall trends), Siapa, Peristiwa Nasional, Lagu, Apa itu, Bagaimana Cara, Resep, Film, dan tren seputar covid-19.

Baca juga: Squid Game, Alec Baldwin Masuk paling Dicari dalam Google

Menurut Feliciana, Year in Search 2021 menggambarkan wajah masyarakat Indonesia yang memiliki minat yang sangat beragam dan bervariasi.

Sebagai contoh, menu yang diluncurkan McDonalds dengan menggandeng BTS Meal pada tahun ini sangat ramai dibicarakan warganet, bukan hanya mengenai produknya saja melainkan juga bentuk kreativitas lain yang unik.

"BTS Meal ini bervariasi banget. Tidak hanya dari makanan ketika diluncurkan, tapi juga ketika announcement-nya dan variasi makanan yang dijadikan apapun atau bahkan bungkusnya juga dijadikan sesuatu hal yang kreatif sehingga ramai dibicarakan oleh netizen Indonesia," ujar Feliciana.

Tahun ini juga menjadi momen kebangkitan Indonesia di ajang Piala Thomas setelah 19 tahun lamanya. 

Selain itu, tahun ini juga menampilkan para talenta Indonesia yang memimpin dan merintis jalan di bidang masing-masing, mulai dari Greysia Polli dan Anthony Ginting di bidang Olahraga, Amanda Manopo di bidang Seni Pertunjukan, Dewa Kipas di bidang Catur, hingga Sisca Kohl di internet.

Masih sama seperti tahun lalu, pada tahun ini, masyarakat juga terus mencari cara untuk tetap terhubung dengan sesama dan menikmati hiburan di rumah, seperti film Ali & Ratu-Ratu Queens dan serial Squid Game, yang menjadi pencarian trending 2021.

Dalam kategori musik, deretan lagu yang dibawakan musisi lokal seperti Widodari oleh Denny Caknan dan Guyon Waton, C.H.R.I.S.Y.E oleh Diskoria dan Eva Celia, hingga lagu musisi mancanegara seperti Butter dari BTS juga mewarnai penelusuran paling tren di Google Indonesia.

Feliciana mengatakan Google juga masih memasukkan kategori covid-19 sebagai tren penelusuran topik di platform-nya sebab kondisi pada tahun ini belum terlepas sepenuhnya dari pandemi.

"Kalau tahun lalu kita melihat masih harus beradaptasi dan masih bingung dengan perubahan dan segala macam, tapi kalau tahun ini kita benar-benar melihat sudah waktunya aksi semua," ujarnya.

Pada tahun ini, aplikasi PeduliLindungi menjadi topik terpopuler di Indonesia. 

Menurut Feliciana, banyak masyarakat Indonesia yang mencari tahu lebih lanjut mengenai aplikasi tersebut, termasuk bagaimana cara mengunduh aplikasi PeduliLindungi dan cara cek sertifikat vaksin di PeduliLindungi.

Berikut 10 tren penelusuran secara keseluruhan (overall trends): (Daftar Year in Search 2021 yang disusun Google tidak diurutkan berdasarkan tingkat popularitas penelusuran)

  • Piala Euro
  • Olimpiade Tokyo
  • BTS Meal
  • Vaksin covid-19
  • Pencegahan covid-19
  • PeduliLindungi
  • PPKM Diperpanjang
  • BPJS Ketenagakerjaan
  • Prakerja.go.id
  • Google Translate (Ant/OL-1)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

Dok.. Binance

Lawan Kejahatan Siber, Binance Bergabung di Alinasi NCFTA 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 19 Januari 2022, 00:11 WIB
Presiden dan CEO NCFTA Matt LaVigna mengatakan, kejahatan dunia maya adalah ancaman global yang terus mengalami pertumbuhan eksponensial,...
Dok. Panasonic

Kamera Lumix GH5M2 Hadirkan banyak Fitur untuk Permudah Proses Live Streaming 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 18 Januari 2022, 20:21 WIB
Memiliki Sensor Digital Live MOS 20,3 megapiksel dengan lapisan AR (Anti-Reflective), LUMIX GH5M2 dengan jelas mampu menangkap detail dan...
Ist

Pacu Logistik Digital Indonesia, Shipper Umumkan Jajaran Komisaris

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 18 Januari 2022, 16:07 WIB
Sebagai startup solusi e-commerce, Shipper terus memperkuat sektor UMKM yang akan memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya