Rabu 13 Oktober 2021, 11:45 WIB

Krisis Chip, Apple Berencana Pangkas Produksi iPhone 13

Basuki Eka Purnama | Teknologi
Krisis Chip, Apple Berencana Pangkas Produksi iPhone 13

AFP/Spencer Platt/Getty Images
Iphone 13

 

APPLE Inc kemungkinan akan mengurangi produksi iPhone 13 sebanyak 10 juta unit karena kekurangan chip global. Hal itu dilaporkan Bloomberg News, Selasa (12/10), mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

Perusahaan itu diperkirakan akan memproduksi 90 juta unit model iPhone baru pada akhir tahun ini, menurut Bloomberg. 

Laporan menambahkan bahwa Apple mengatakan kepada para produsennya bahwa jumlah unit akan lebih rendah karena pemasok chip, termasuk Broadcom Inc dan Texas Instruments, sedang kesulitan mengirimkan komponen.

Baca juga: Terus Berinovasi, Oppo Luncurkan ColorOS 12 Global Version

Saham Apple turun 1,2% dalam perdagangan setelah jam kerja, sementara Texas Instruments dan Broadcom keduanya turun sekitar 1,0%.

Apple menolak berkomentar. Broadcom dan Texas Instruments tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Pada Juli, Apple memperkirakan pertumbuhan pendapatan yang melambat dan mengatakan kekurangan chip, yang mulai memukul kemampuannya untuk menjual Mac dan iPad, juga akan menghambat produksi iPhone. 

Texas Instruments juga memberikan prospek pendapatan yang lemah bulan itu, mengisyaratkan kekhawatiran pasokan chip untuk sisa tahun ini.

Krisis chip telah memberikan tekanan besar pada industri mulai dari mobil hingga elektronik, menyebabkan banyak pembuat mobil untuk sementara menangguhkan produksi.

Dengan daya beli yang besar dan perjanjian pasokan jangka panjang dengan vendor chip, Apple telah mengatasi krisis pasokan lebih baik daripada banyak perusahaan lain, membuat beberapa analis memperkirakan bahwa model iPhone 13 yang dirilis pada September akan memiliki tahun penjualan yang kuat karena konsumen ingin meningkatkan perangkat untuk jaringan 5G.

Tetapi pembuat iPhone tidak kebal terhadap tren global, Counterpoint Research mengatakan dalam sebuah catatan bulan lalu bahwa pihaknya menurunkan perkiraan pengiriman smartphone global menjadi 1,41 miliar unit dari sebelumnya 1,45 miliar unit, dengan mengatakan Apple berada pada posisi yang lebih baik daripada beberapa saingan tetapi masih akan terpengaruh. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Antara/Rony Muharrman.

Mafia Judi Online Berlindung di Domain Go.id, Mengapa?

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 17:13 WIB
Ketika situs pakai domain go.id diblokir, seluruh sistem di domain tersebut akan terblokir. Ini akan berimbas pada pelayanan yang...
MI/Dok Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo Perkenalkan WeGrow untuk Dukung Para Penggemar Gaya Hidup Sehat

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 08:15 WIB
Meningkatkan kesadaran akan pentingnya green living dengan memproduksi microgreen dan salad kit di masa-masa awal, WeGrow segera...
idownloadblog.com

Lupa Pola Kunci Ponsel Anda? Ini Solusinya

👤Febby Saraswati 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 08:00 WIB
Bagaimana jika kita lupa dengan pola kunci ponsel kita...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya