Kamis 07 Oktober 2021, 10:00 WIB

Ini Pengertian Sistem Operasi pada Komputer dan Contohnya

Anggi Putri Lestari | Teknologi
Ini Pengertian Sistem Operasi pada Komputer dan Contohnya

ANTARA/Wahdi Septiawan
Petugas menyiapkan perangkat komputer untuk pelaksanaan SKD CPNS melalui CAT di UPT Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jambi.

 

SETIAP komputer memerlukan sistem operasi agar bisa dijalankan dan digunakan. Dalam hal ini, sistem operasi atau Operating System (OS) pada komputer bertugas melakukan kontrol dan manajemen pada operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware).

Menurut Abas Ali Pangera dan Dony Ariyus dalam buku Sistem Operasi (2010), sistem operasi adalah sistem yang terdiri atas berbagai komponen kerja dan metode kerja yang digunakan untuk memerintah serta menjalankan perangkat yang dimilikinya, agar sesuai dengan yang diinginkan.

Baca juga: Ini Kronologi Tumbangnya Layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram

Sistem operasi utama yang digunakan komputer umum terbagi menjadi 3 kelompok :

1. Sistem Microsoft Windows 

Antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012), dan Windows Terakhir yaitu Windows 10 (Dirilis pada Juli 2015)).

2. Sistem Unix 

Yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, Zeath OS (berbasis kernel linux yang dimodifikasi.) MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.

3. Sistem Mac OS 

Ini adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.15 (Catalina).

Fungsi OS

Mengutip dari buku Cara Mudah Desain Sistem Operasi Linux Ubuntu, 16.04 LTS Edition dalam 5 Jam (2020), fungsi utama dari sistem operasi ialah mengelola sumber daya yang ada pada komputer. 

Selain itu, sistem operasi juga berfungsi untuk menyediakan layanan ke pengguna, sehingga bisa lebih mudah saat memanfaatkan berbagai sumber daya komputer.

Adapun fungsi pokok dari OS dalam menjalankan kebutuhan setiap proses sumber daya dibagi menjadi empat, yaitu :

1. Memory Management

Manajemen memori terbagi menjadi dua fokus utama, yaitu primary memory dan main memory. Dimana primary memory merupakan kebutuhan penyimpanan yang diutamakan seperti RAM. Main memory merupakan penyimpanan yang dapat diakses langsung melalui CPU.

2. Device Management

Sistem operasi juga mempunyai fungsi untuk mengatur komunikasi antar perangkat melalui setiap driver. Untuk program yang berperan untuk menangani hal tersebut adalah I/O Controller.

3. File Management

Fungsi yang ketiga, OS juga dapat digunakan untuk melakukan konfigurasi pada dokumen, mulai dari tahap awal hingga akhir yang mengatur kebutuhan detail setiap informasi. Kemudian, mengelola lokasi, fungsionalitas sistem, dan fitur yang lainnya.

Fase pengaturan tersebut disebut dengan file system yang biasanya dimasukkan ke dalam direktori pencarian untuk memudahkan penggunaannya.

4. Processor Management

Fungsi dari sistem operasi yang terakhir adalah mendukung proses multiprogramming untuk menentukan fase mana yang menggunakan prosesor dalam jangka waktu tertentu. (OL-1)

Baca Juga

dok.tangkapan layar

Sinergi Membangun Ekonomi Kreatif Berbasis Digital StartUp

👤Muhamad Fauzi 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 11:44 WIB
TRANSFORMASI perkembangan teknologi informasi menuntut sumber daya manusia yang siap dan mau mengubah...
Dok. Lintasarta

Fokus Bantu Transformasi Digital, Lintasarta Siapkan Berbagai Inovasi Teknologi 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 23:34 WIB
Lintasarta telah memiliki lebih dari 2.400 pelanggan yang terdiri dari berbagai industri seperti perbankan, manufaktur, healthcare,...
Ist/Ilustrasi

Belajar Sofware Developer, Bisa Bayar Setelah Dapat Pekerjaan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 20:07 WIB
Purwadhika Digital Technology School saat ini berfokus untuk menghasilkan lebih banyak talenta digital berkualitas dengan keterampilan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya