Selasa 05 Oktober 2021, 23:02 WIB

Pesawat Ruang Angkasa UEA akan Jelajahi Sabuk Asteroid

Mediaindonesia.com | Teknologi
Pesawat Ruang Angkasa UEA akan Jelajahi Sabuk Asteroid

AFP/Giuseppe Cacace.
Burj Khalifa Dubai menyala pada 9 Februari 2021 saat wahana UEA Al-Amal-- bahasa Arab untuk Harapan--mencapai Mars.

 

UNI Emirat Arab akan meluncurkan pesawat ruang angkasa untuk menjelajahi sabuk asteroid utama antara Mars dan Jupiter. Ini dilakukan setelah wahana penyelidikan UEA mencapai planet merah pada awal tahun ini.

Perjalanan lima tahun dari 2028 itu akan melintasi 3,6 miliar kilometer dengan bantuan gravitasi dari Bumi dan Venus untuk mencapai sabuk asteroid utama di luar Mars. "Misi itu akan melakukan pendekatan pertama di orbit Venus pada pertengahan 2028 diikuti orbit dekat Bumi pada pertengahan 2029," kata Badan Antariksa UEA dalam suatu pernyataan, Selasa (5/10).

"Ini akan membuat penerbangan pertama dari objek sabuk asteroid utama pada 2030, akan mengamati total tujuh asteroid sabuk utama sebelum pendaratan terakhirnya di asteroid sekitar 560 juta kilometer dari Bumi pada 2033." UEA terdiri dari tujuh emirat termasuk ibu kota Abu Dhabi dan Dubai merupakan pendatang baru di dunia eksplorasi ruang angkasa.

Pada September 2019, negara kaya minyak itu mengirim warga UEA pertama ke luar angkasa sebagai bagian dari tiga awak yang meluncur dengan roket Soyuz dari Kazakhstan. Kemudian pada Februari 2021, wahana Hope berhasil memasuki orbit Mars dalam perjalanan mengungkap rahasia cuaca Mars dalam misi antarplanet pertama di dunia Arab.

UEA juga memiliki rencana untuk mengirim rover tak berawak ke bulan pada 2024. Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed, pemimpin de facto UEA, mengatakan bahwa peluncuran proyek baru itu menetapkan tujuan baru yang ambisius bagi negara tersebut. 

Baca juga: Tiongkok akan Luncurkan Roket Berat pada 2028

"UEA bertekad untuk memberikan kontribusi yang berarti bagi eksplorasi ruang angkasa, penelitian ilmiah, dan pemahaman kita tentang tata surya," cuitnya. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Ist

Startup Social Commerce Evermos Bangun Ekonomi Secara Gotong Royong

👤mediaimdonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 14:32 WIB
Selama tiga tahun ini, tercatat lebih dari 100 ribu reseller yang umumnya didominasi oleh ibu-ibu dari kota di tier 2-3-4 di...
DOK IST

Masuk Marketplace NFT, Lukisan Basuki Abdullah Dibanderol Rp1 Milyar

👤Budi Ernanto 🕔Kamis 02 Desember 2021, 18:10 WIB
NFT juga bisa menjadi wadah untuk memverifikasi orisinilitas karya seni...
Ist

Aplikasi Proman Permudah Interaksi Warga dan Manajemen Properti

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 17:28 WIB
Proman merupakan property software yang mempunyai fungsi lengkap yang sudah terintegrasi dengan aplikasi smartphone “mobile...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya