Rabu 29 September 2021, 06:34 WIB

Amazon Luncurkan Astro Robot Patroli di Rumah

Mediaindonesia.com | Teknologi
Amazon Luncurkan Astro Robot Patroli di Rumah

AFP/Amazon.
Robot rumah buatan Amazon berjuluk Astro.

 


AMAZON mengungkapkan robot yang dilengkapi kamera yang dapat digunakan warga untuk berpatroli di rumah mereka. Perangkat ini, menurut salah satu pengembang proyek tersebut, membuat fiksi ilmiah menjadi kenyataan.

Raksasa teknologi itu menyambut robot Astro sebagai terobosan untuk keamanan dan kenyamanan. Akan tetapi kelompok pengawas digital meningkatkan kekhawatiran tenttang potensi risiko pada momen paling pribadi orang-orang di rumah.

Astro ialah perangkat setinggi kira-kira dua kaki (60 sentimeter) dan 20 pon (sembilan kilogram) yang dapat memetakan denah rumah dan mematuhi perintah untuk pergi ke tempat tertentu untuk melihat lebih dekat dengan kamera teleskopnya. "Sekarang ketika pergi, anda dapat menggunakannya secara proaktif berpatroli di rumah dan menyelidiki aktivitas," kata eksekutif Amazon Dave Limp dalam klip peluncuran produk, Selasa (28/9).

Perangkat, yang dapat bekerja dengan asisten rumah digital Amazon Alexa, dapat diajarkan untuk mengenali wajah dan mempelajari kebiasaan anggota rumah tangga. Amazon mengatakan Astro juga dapat berguna untuk membantu memeriksa kerabat lanjut usia dari jarak jauh atau mengirimkan pengingat untuk aktivitas tertentu. "Ini mengambil fiksi ilmiah dan menjadikannya kenyataan," kata Suri Maddhula, yang mengerjakan proyek tersebut, dalam suatu video.

Matthew Guariglia, seorang analis kebijakan di kelompok pengawas digital Electronic Frontier Foundation, mengemukakan kekhawatiran tentang perangkat yang berpotensi memungkinkan peretas melihat ke rumah pengguna atau polisi yang mencari akses ke sana melalui surat perintah penggeledahan. "Ada beberapa skenario (Astro) bisa berguna. Ada beberapa skenario kamera pengintai di rumah Anda juga bisa berguna," katanya kepada AFP. "Tapi masalahnya yaitu anda perlu tahu bahwa itu muncul dengan kerentanan pula."

Limp, wakil presiden senior Amazon untuk perangkat dan layanan, mengatakan Astro memiliki fitur bawaan untuk menjaga dari penyalahgunaan. Dia mengatakan pengguna dapat mematikan kamera dan mikrofon Astro juga mencatat bahwa perangkat mengeluarkan suara peringatan dan pesan di layarnya ketika seseorang mencoba mengakses kamera dari jarak jauh.

Baca juga: Tiktok Klaim Miliki Lebih dari Satu Miliar Pengguna

"Jika seseorang meretas akun anda atau sesuatu dan itu jelas orang jahat, kami ingin memberi tahu siapa pun yang mungkin ada di rumah," katanya. Amazon, imbuhnya, tidak memiliki akses jarak jauh ke kamera pada mesinnya. Dengan demikian perangkat itu tidak akan pernah mengizinkan departemen kepolisian atau responden pertama untuk memiliki akses ke perangkat itu. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Rony Muharrman

Cloud Jadi Fondasi Pengembangan Inovasi dan Bisnis

👤Siswantini Suryandari 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 14:23 WIB
Cloud telah menjadikan transformasi bisnis beserta inovasi-inovasinya terus...
Pinteres.com

Clubhouse Perkenalkan Fitur Terbaru Pinned Links untuk Promosi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 10:31 WIB
Media sosial berbasis audio Clubhouse memperkenalkan fitur terbarunya yaitu Pinned Links yang mempermudah para penggunanya untuk...
Ist Gojek

Gojek Targetkan Transisi ke Kendaraan Listrik di 2030

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 15:11 WIB
Perusahaan teknologi transportasi dan pesan-antar, Gojek menargetkan pada tahun 2030 agar seluruh layanannya bisa transisi ke kendaraan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghadang Ganasnya Raksa

Indonesia masih menjadi sasaran empuk perdagangan ilegal merkuri, terutama dari Tiongkok dan Taiwan. Jangan sampai peristiwa Minamata pada 1956 di Jepang terjadi di sini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya