Selasa 28 September 2021, 21:30 WIB

Tiktok Klaim Miliki Lebih dari Satu Miliar Pengguna

Mediaindonesia.com | Teknologi
Tiktok Klaim Miliki Lebih dari Satu Miliar Pengguna

AFP/Olivier Douliery.
Tiktok.

 

TIKTOK sekarang memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif. Artinya, hanya butuh empat tahun aplikasi berbagi video yang diluncurkan oleh grup Tiongkok ByteDance itu mampu menarik miliaran orang.

Sudah populer sebelum pandemi virus korona--terutama karena koreografi viralnya yang disetel ke lagu-lagu pop--TikTok menerima dorongan besar di tengah penguncian, penutupan sekolah, dan WFH. Platform video itu telah memperoleh lebih dari 300 juta pengguna sejak Juli 2020, terakhir kali perusahaan melaporkan jumlah pengguna.

Awalnya dibangun berdasarkan prinsip video 15 detik, platform ini menaikkan batas waktu menjadi tiga menit pada awal Juli untuk menarik pemirsa yang lebih luas dan bersaing dengan YouTube. 

Anak perusahaan Google meluncurkan YouTube Shorts, yang ditempatkan di lebih dari 100 negara pada pertengahan Juli, untuk bersaing dengan TikTok di segmen format pendek.

Anak perusahaan ByteDance, yang disebut Douyin di Tiongkok, tetap jauh di belakang YouTube, yang mengklaim 2,3 miliar pengguna aktif bulanan pada 2020.

TikTok sekarang ingin memonetisasi lebih banyak lalu lintas platformnya, sesuatu yang lambat dilakukan di masa awalnya.

Baca juga: Cara Mudah Download Video di TikTok tanpa Watermark

Jejaring sosial berakselerasi menjadi pemasangan iklan tahun lalu dan meluncurkan fitur baru pada akhir Agustus 2021. Ini memungkinkan penggunanya untuk langsung membeli produk yang ditawarkan di platform oleh pembuat konten. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Ist

Oracle Academy Beri Pelatihan Bagi 1.000 Pendidik dari 150 Institusi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 13:26 WIB
Dalam pelatihan dengan Oracle Academy, para pendidik ini akan diberdayakan untuk memfasilitasi pembelajaran siswa yang inovatif di dalam...
Antara/Rony Muharrman.

Mafia Judi Online Berlindung di Domain Go.id, Mengapa?

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 17:13 WIB
Ketika situs pakai domain go.id diblokir, seluruh sistem di domain tersebut akan terblokir. Ini akan berimbas pada pelayanan yang...
MI/Dok Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo Perkenalkan WeGrow untuk Dukung Para Penggemar Gaya Hidup Sehat

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 08:15 WIB
Meningkatkan kesadaran akan pentingnya green living dengan memproduksi microgreen dan salad kit di masa-masa awal, WeGrow segera...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya